PENGEMBANGAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF SHORT STORIES USING THE INSHOT APPLICATION OF PANCASILA FORMULATION MATERIAL IN ELEMENTARY SCHOOLS.
Abstrak
Penelitian ini merupakan bentuk pengembangan cerpen atau cerita pendek dengan menggunakan aplikasi inshot pada materi proses perumusan pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan maksud sebagai mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi era digital, khususnya pada materi proses perumusan pancasila bagi peserta didik tingkat sekolah dasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa video berbentuk .mp4 yang dapat digunakan untuk media pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan menerapkan lima langkah pengembangan. Dari hasil validasi yang sudah dilakukan, memperoleh nilai sebesar 88% dari ahli materi dan 81% dari ahli media. Dari hasil validasi tersebut maka dapat dikategorikan bahwa pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot ini layak untuk diterapkan di sekolah dasar. Hasil uji coba dilakukan di kelas IV SDN Keputran I Surabaya dan mendapatkan presentase 97% dari hasil angket peserta didik dan 91% dari hasil kuisioner guru. Penelitian pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot materi proses perumusan pancasila dapat menarik perhatian dari peserta didik berdasarkan hasil data pengerjaan soal evaluasi yang mendapatkan nilai rata-rata kelas 89 dari jumlah peserta didik dalam satu kelas sebanyak 33 anak. Berdasarkan data tersebut maka pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot dikatakan praktis dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Serta mampu membantu guru untuk lebih mudah menjelaskan materi sejarah perumusan pancasila pada era digital.
Kata kunci: Cerpen, aplikasi Inshot, perumusan Pancasila
Abstract
This research is a form of short story development using the inshot application on the material of the Pancasila formulation process. This research was conducted with the intention of developing learning media by utilizing digital technology, especially in the material for the formulation of Pancasila for elementary school students. The purpose of this research is to produce a product in the form of an .mp4 video that can be used for online and offline learning. This study uses the ADDIE research model by applying five development steps. From the results of the validation that has been done, the score is 88% from material experts and 81% from media experts. From the validation results, it can be categorized that the development of short stories using the inshot application is feasible to be applied in elementary schools. The results of the trial were carried out in class IV of SDN Keputran I Surabaya and got a percentage of 97% of the results of the student questionnaire and 91% of the results of the teacher's questionnaire. Research on the development of short stories using the inshot application of the Pancasila formulation process material can attract the attention of students based on the results of data on evaluation questions that get an average grade of 89 from the number of students in one class as many as 33 children. Based on these data, the development of short stories using the inshot application is said to be practical and feasible to be implemented in learning. And can help teachers to more easily explain the history of the formulation of Pancasila in the digital era.
Keywords: short story, Inshot application, Formulation of Pancasila