Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti smartphone terutama yang berbasis Android membuat siswa lupa akan belajar dan lebih memilih untuk bermain game daripada belajar, hal ini menjadi ancaman untuk bidang pendidikan. Namun, hal ini juga merupakan peluang untuk dunia pendidikan yakni dengan memanfaatkan smartphone berbasis Android tersebut menjadi media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi Aritmatika Sosial dan hasil pengembangan media pembelajaran ini ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon siswa, lembar pengamatan, dan skor permainan siswa. Uji coba media pembelajaran ini dilakukan secara terbatas kepada 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonoayu.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata total kevalidan 3,59 (ahli media) dan 3,58 (ahli materi) sehingga dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran berbasis Android ini valid. Media pembelajaran ini diakatakan praktis karena berdasarkan persentase angket respon siswa diperoleh 83,25% dan berdasarkan lembar pengamatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,67%. Berdasarkan skor permainan yang diperoleh siswa 86,67% siswa memperoleh nilai ≥76 (KKM) sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis Android ini efektif.
Kata Kunci: pengembangan, game Android, media pembelajaran, Aritmatika Sosial
The development of technology that is getting more advance, such as Android-based smartphones, often makes students negelct studying and prefer playing games which puts their education at risks. On the other hand, it may also become an opportunity to support their study. The Android-based smartphones may be utilizing as a learning media.
This research is aimed to develop an Android-based learning media on Financial Mathematic whose result were reviewed in terms of its validity, practically, and effectiveness. This research used ADDIE development model which consist of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used in this research were media validity sheet, material validity sheet, student questionnaire, observation sheet, and the students’ scoresheet. The trial for the learning media were conducted limited to 15 eight graders of SMP Negeri 1 Wonoayu.
Based onthe conducted research, the average value of total validity was 3,59 (media expert) and 3,58 (material expert) so that it could be categorized as a valid Android-based learning media. It was also concluded practical because the percentage value of student questionnaire was 83,25% and the average value of the observation sheet was 90,67%. Based on the students’ scoresheet, 86,67% students obtained ≥76 (Standar Minimum Score) so that itwas consluded that the Android-based learning media was effective.
Keywords: development, Android game, learning media, Financial Mathematic