Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Computer Assisted Instruction (CAI) tentang kemampuan bina diri anak tunagrahita ringan di SLB Tunas Kasih Surabaya. Media CAI tersebut untuk memudahkan anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran memakai sepatu. Hal ini didasarkan pada latar belakang penelitian yaitu kurangnya kemandirian anak tunagrahita ringan dalam memakai sepatu, sehingga anak kesulitan ketika memakai sepatu, selain itu guru kurang mengajarkan cara memakai sepatu karena tidak adanya alat peraga. Untuk itu diperlukan pemecahan masalah dengan menggunakan media CAI yang layak dan efektif Tentang Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan di SLB Tunas Kasih Surabaya.
Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian non-parametik. Data dikumpulkan dengan angket terbuka, expert judgement dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes mengunakan expert judgement dan rumus wilcoxon match pairs test.
Berdasarkan hasil analisis data perhitungan angket ahli materi memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali, perhitungan angket ahli media memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali, serta uji coba pada 2orang siswa mendapatkan 90,5% termasuk kategori baik sekali. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI ini dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Dari hasil analisis data tes pembelajaran yang tidak menggunakan media CAI. Ini dapat dibuktikan dengan hasil sebelum penelitian memperoleh nilai rata-rata 46, kemudian setelah menggunakan media CAI memperoleh hasil rata-rata 86. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Zhitung = 2,20 lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5% dengan n=6, berarti Zhitung = 2,20 > Ztabel = 1,96. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunakan mediaCAI efektif utuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam memahami meteri kemampuan bina diri memakai sepatu.
Kata kunci :Computer Assisted Instruction, Kemampuan Bina Diri, Siswa Tunagrahita Ringan.
This study aims to develop a media of Computer Assisted Instruction (CAI) on the capability to self-development of mentally impaired children in SLB Tunas Kasih Surabaya. The CAI media is to facilitate mentally disabled children in learning to wear shoes. This is based on the research background which is the lack of independence of mentally disabled children in wearing shoes, so that the children have difficulty when wearing shoes, besides that the teacher does not teach how to wear shoes because of there are no props. It is necessary for problem solving by using an appropriate and an effective of CAI media on the capability to self-development mentally disabled children at SLB Tunas Kasih Surabaya.
The development model that used is the ADDIE model. The type of research that used in this research is non-parametric research. Data is collected by open questionnaires, expert judgment and tests. Meanwhile, the data collection technique used the formula P which is to measure the percentage of the questionnaire, then the test used expert judgment and the formula of Wilcoxon match pairs test.
Based on the results of the data analysis of the material expert questionnaire calculation obtaining 100% which is included in the excellent category, the calculation of the media expert questionnaire obtaining 100% which is included in the excellent category, and the trials on 2 students got 90.5% including the excellent category. With the results that is obtained, it can be concluded that the CAI media is categorized as very good and worthy for using. From the results of the analysis of learning test data that did not use CAI media. This can be proven by the results before that the study is obtained an average value of 46, then after using the CAI mediathat is obtained an average value of 86. In addition, the results of the research also showed that Zhitung = 2.20 greater than Ztable = 1.96 with the value of crisis 5 % with n = 6, meant Zhitung = 2.20> Ztable = 1.96. Depend on these results, it is proven that the using of CAI media is effective to improve on the capability of self-development mentally disabled children for understanding the material of the ability to self-development in wearing shoes.
Keywords : Computer Assisted Instruction, Self-Development Ability, Mentally Disabled Students.