PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET
THE INFLUENCE OF APPLICATION OF PEOPLE TUTOR LEARNING METHOD ON THE RESULTS OF DRIBBLE BALL BASKET LEARNING
Metode tutor sebaya merupakan model pembelajaran yang menerapkan dengan strategi kooperatif dimana dibentuk kelompok kecil dengan anggotanya memiliki kemampuan yang berbeda-beda guna untuk membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Ketika pembelajaran berlangsung terjadi pendekatan kooperatif karena kelompok ini menggunakan bahasa sehari-hari sebagai komunikasi mereka yang membuatnya semakin akrab. Metode tutor sebaya dapat diterapkan pada salah satu teknik bola basket yaitu dribble. Dribble merupakan menggiring bola dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan dorongan telapak tangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, dengan sampel 34 siswa yaitu kelas VII-B dan 34 siswa kelas VII-J.
Berdasarkan uji hipotesis pada hasil belajar penerapan metode tutor sebaya dalam ranah pengetahuan dan keterampilan memiliki nilai sig 0.00 kurang 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket. Dari hasil perhitungan penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket pada ranah pengetahuan kelompok eksperimen diketahui persentase peningkatannya sebesar 66 persentase, pada ranah keterampilan peningkatannya sebesar 44 persentase. Sedangkan dalam kelompok kontrol memiliki persentase peningkatannya pengetahuannya sebesar 52 persentase, pada ranah keterampilan memiliki peningkatan 32 persentase. Melalui hasil analisis data diketahui bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih signifikan dari pada kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan.
Kata kunci : Tutor sebaya, dribble, bola basket
The peer tutoring method is a learning model that implements a cooperative strategy in which small groups are formed with members having different abilities to assist and work together in solving a problem at hand. When learning takes place a cooperative approach occurs because this group uses everyday language as their communication which makes it more familiar. The peer tutoring method can be applied to one of the basketball techniques, namely dribble. Dribble is dribbling by bouncing the ball to the floor with the push of your palm.
This study aims to determine the effect of applying peer tutoring learning methods on basketball dribble learning outcomes. This type of research is quasi-experimental using Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Determination of the sample using cluster random sampling, with a sample of 34 students, namely VII-B class and 34 students of VII-J class.
Based on the hypothesis test on the learning outcomes of the application of peer tutoring methods in the realm of knowledge and skills having a sig value of 0.00 less 0.05, it can be stated that there is a significant influence of the application of the peer tutoring method on dribble basketball learning outcomes. From the calculation results of the application of the peer tutoring method to the basketball dribble learning outcomes in the experimental groups knowledge domain it is known that the percentage increases by 66 percentage, in the realm of skills the increase is 44 percentage. While in the control group had a percentage increase in knowledge by 52 percentage, in the realm of skills had an increase of 32 percentage. Through the results of data analysis it is known that the experimental group had a more significant increase than the control group that did not receive treatment.
Keywords : Peer tutor, dribble, basketball