PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA PESERTA DIDIK LAMBAT BELAJAR DI UPT SMP NEGERI 29 GRESIK
THE EFFECT OF APPLICATION OF DRILL METHOD ON PPKn LEARNING RESULTS IN STUDENTS OF SLOW LEARNING IN UPT SMP NEGERI 29 GRESIK
ABSTRAK
Nama : Suci Aminatul Sa’adah
NIM : 16040254062
Program Studi : S1 PPKn
Jurusan : PMP-KN
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.
Peserta didik lambat belajar merupakan peserta didik yang memunyai kecerdasan intelektual di bawah rata-rata sehingga mereka sering mendapat nilai jelek, tidak naik kelas bahkan putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik lambat belajar. Metode drill adalah metode pembelajaran yang di dalamnya terdapat pengulangan latihan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Februari sampai dengan Maret 2020 dan berlokasi di UPT SMP Negeri 29 Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan desainnya berupa Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi yang hanya 28 peserta didik menjadikan penelitian ini sebagai penelitian populasi, kemudian dibagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hipotesis alternatif (Ha) yang digunakan ialah adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan metode drill terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik lambat belajar.
Hasil tes awal kedua kelas pada soal pre-test, masih banyak peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKB (75). Rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 50, sedangkan kelas kontrol sebesar 51,71. Langkah selanjutnya ialah pemberian perlakuan berbeda, yakni kelas eksperimen menggunakan metode drill dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Kemudian pemberian post-test, hasilnya adalah rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 65,14. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan Uji U Mann Whitney dan diperoleh hasil bahwa Uhitungtabel yakni 29<55 sehingga Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode drill terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik lambat belajar di UPT SMP Negeri 29 Gresik yang nampak pada perubahan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 50 menjadi 78.
Kata Kunci : Metode drill, hasil belajar, peserta didik lambat belajar
ABSTRACT
Name : Suci Aminatul Sa’adah
Study Program : S1 PPKn
Majors : PMP-KN
Faculty : Social Science and Law
Institution Name : Surabaya State University
Mentor : Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.
Students who are slow to learn are students who have below average intellectual intelligence so they often get poor grades, do not move up to class and even drop out of school. This study aims to examine the effect of the application of the drill method on learning outcomes of PPKn on slow learners. The drill method is a learning method in which there are repetition of exercises. This research was conducted in February to March 2020 and is located in UPT 29 Gresik Middle School.
This research uses a quantitative approach with the type of research is Quasi Experiment and design in the form is Nonequivalent Control Group Design. The population of only 28 students makes this study as a population study, then they divided into two namely the experimental class and control class. The data collection techniques used is a test.
The results of the initial tests of the two classes on the pre-test questions, there are still many students who score below the KKB (75). The average value of the pre-test in the experimental class was 50, while the control class was 51.71. After the pre-test, the two classes were given different treatments, namely the experimental class using the drill method and the control class using the lecture method. Then both classes were given a post-test, the result was the average value of the experimental class of 78 and the control class of 65.14. Then the hypothesis test is done using the t test and the results show that tcount> t table. Based on the results of this study, it can be concluded that there is an effect of the application of the drill method to the learning outcomes of PPKn in slow learners at UPT 29 Gresik Middle School.
Keywords: Drill methods, learning outcomes, slow learners students.