ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL MASA PANDEMI COVID-19 MATERI HUKUM HOOKE
ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION USING A VIRTUAL LABORATORY DURING COVID-19 PANDEMIC ON HOOKES LAW
Sejak merebaknya wabah COVID-19, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi situasi sulit. Yakni, wajib melaksanakan pembelajaran online untuk mengurangi dampak penyebaran virus COVID-19. Namun dengan diterapkannya pembelajaran online, terjadi penurunan motivasi belajar siswa sehingga diperlukan suatu alternatif untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan menggunakan laboratorium virtual sebagai media pendukung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode accidental sampling, dengan populasi siswa SMA IPA kelas XI dan XII yang sedang melaksanakan pembelajaran online. Metode analisis data menggunakan statistik Mann-Whitney U non parametrik dan mengukur hasil belajar siswa pada Hukum Hooke dengan laboratorium virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan laboratorium virtual motivasi belajar siswa meningkat dari pembelajaran daring pada umumnya, karena p-value 0,000 yang p < 0,05 artinya ada perubahan yang signifikan. Siswa dengan motivasi belajar yang lebih tinggi skor lebih baik daripada siswa dengan motivasi yang lebih rendah. Dengan skor rata-rata berturut-turut dari motivasi sedang, tinggi, dan sangat tinggi adalah 39,29; 43,70; 44.00 dari nilai maksimal 100.
Since the spread of the COVID-19 outbreak, the world of education in Indonesia has faced difficult situation. Namely, it is mandatory to carry out online learning to reduce the impact of the spread of the COVID-19 virus. However, with the implementation of online learning, there is a decrease in student learning motivation so that an alternative is needed to generate student learning motivation, by using a virtual laboratory as a supporting medium. This research uses quantitative research with an accidental sampling method, with a population of science highschool from XI and XII grade students who are conducting online learning. The data analysis method uses non-parametric Mann-Whitney U statistics and measures student learning outcomes in Hooke's Law with a virtual laboratory. The results showed that by using a virtual laboratory students' learning motivation increased from online learning in general, because the p-value is 0.000 which p < 0.05 means there is a significance changes. Students wih higher learning motivation score better than students with lower motivation. With the average score in a row from medium, high, and very high motivation is 39.29; 43.70; 44.00 from the maximum score 100.