Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang SDN Lidah Kulon I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dalam tiga langkah, meliputi pretest, treatment, dan posttest. Ketiga langkah tersebut dilakukan baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya dan sampel penelitian merupakan kelas V-C yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan V-D yang digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes meliputi pretest dan posttest. Data hasil penelitian kemudian diolah secara statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Matematika materi bangun ruang kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya. Pada penggunaan model Quantum Teaching peserta didik lebih memahami konsep dengan lebih matang sehingga pengetahuan itu akan bertahan lama dalam memori siswa serta mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
This study is meant to determine the effect of the use the Quantum Teaching model on the students mathematics learning outcomes in solid figure of 5th grade in SDN Lidah Kulon I Surabaya. This research is an experimental study with nonequivalent control group design. This research was conducted in three steps, including pretest, treatment, dan posttest in the experimental class and control class. The study population was all fifth grade students of Lidah Kulon I Elementary School Surabaya. The study sample was the V-C class as the expirimental class and V-D class as the control class. Data collection techniques were carried out by test techniques including pretest and posttest. The results of the research data then processed with parametric statistics and two independent t-test samples. The results showed that there was an effect from the use of the Quantum Teaching model on the students mathematics learning outcomes in solid figure of 5th grade in SDN Lidah Kulon I Surabaya. In the use of the Quantum Teaching model students better understand the concept more mature so that knowledge will last long in the memory of students and get meaningful learning.
Kata Kunci: Quantum Teaching, Mathematics, solid figure