PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REDOKS DENGAN GAME REDOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SAAT PANDEMI VIRUS CORONA
LEARNING OF REDOX MATERIAL WITH REDOX GAME AS LEARNING MEDIA WHILE CORONA VIRUS PANDEMIC
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan Redox melalui pembelajaran online selama pandemi Covid-19 dilihat dari hasil belajar peserta didik serta respons peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian one grup pretest-posttest, di mana peserta akan diberikan pretest sebelum menggunakan permainan dan posttest sesudahnya. Permainan ini diuji pada 28 peserta didik di SMA Negeri 2 Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menggunakan permainan Redox telah meningkat dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,7%. Skor yang diperoleh peserta didik ketika melakukan pretest adalah 23,9 dan posttest adalah 80,8 sehingga menunjukkan peningkatan yang diuji dengan skor N-gain 0,7 yang berada dalam kategori sedang. Selain itu, respon peserta didik setelah menggunakan permainan Redox adalah 87,88%, menunjukkan bahwa permainan Redox dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran kimia.
This research aims to determine the effect of the use of redox games through online learning during Covid-19 pandemic seen from the learning outcomes of students as well as students' responses. In this study using a one group pretest-posttest research design, where participants will be given a pretest before using the game and posttest thereafter. The game were tested on 28 students at public senior high school 2 Ngawi. The results showed that the learning outcomes of students after using the Redox game had increased with classical completeness reaching 85.7%. The score obtained by students when doing a pretest is 23.9 and posttest is 80.8 so it shows an increase that is tested with an N-gain score of 0.7 which is in the medium category. In addition, the response of students after using Redox game was 87.88%, indicating that Redox game can be used as instructional alternatives in chemistry learning.