Penelitian ini bertujuan untuk deskripsi konsepsi siswa saat dilibatkan dalam implementasi tahapan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada konsep termokimia. Salah satu syarat untuk mendapatkan deskripsi konsepsi siswa, peneliti telah mengambangkan LKS berstrategi Predict-Observe-Explain (POE) dan tes pemahaman konsep berbentuk three tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra-eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 66 siswa kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, tes pemahaman konsep, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil konsepsi siswa sebelum pembelajaran yaitu siswa yang tidak tahu konsep sebesar 33,03% dan 22,27%, siswa yang miskonsepsi sebesar 57,73% dan 66,36%, dan siswa yang tahu konsep sebesar 9,24% dan 11,36%. Setelah imlementasi pembelajaran berstrategi Predict-Observe-Explain pada konsep termokimia profil konsepsi siswa berubah menjadi siswa yang tahu konsep sebesar 93,03% dan 87,58%, siswa yang masih tidak tahu konsep sebesar 1,52% dan 6,06% dan siswa yang masih miskonsepsi sebesar 5,45% dan 6,36%, (2) Pemetaan konsepsi siswa sebelum pembelajaran pesebarannya pada status miskonsepsi dan tidak tahu konsep sedangkan setelah implementasi pesebarannya pada konsepsi tahu konsep, dan pesebaran perubahan konsepsi sebagian besar siswa mengalami perubahan positif, (3) Hasil belajar meningkat setelah implementasi strategi Predict-Observe-Explain pada konsep termokimia.
The aim of this research was described student conception when the students involved in implementation Predict-Observe-Explain (POE) strategy stage on Thermochemistry concept. One of the conditions to get a description of students conception, researchers have develop student worksheet using Predict-Observe-Explain (POE) and conceptual understanding test using three tier diagnostic test. This study is Pre-experimental research with one group Pretest Posttest Design. The subject of research is 66 students class at 11th Grade SMA Kemala Bhayangkari 3. Data obtained through of validations, observations, conceptual understanding tests, and questionnaires. Some result: 1) profile of students conception before learning process i.e., students who do not know the concept are 33,03% and 22,27%, student which has misconceptions are 57,73% and 66,36%, and students who know the concept are 9,24% and 11,36%. After implementation learning process using Predict-Observe-Explain (POE) strategy on thermochemistry concept, student conception turned into student who knows the concept are 93,03% and 87,58%, students who do not know the concept are 1,52% and 6,06%, and students which have misconceptions are 5,45% and 6,36%, (2) Mapping of students conception before learning process spread on misconception and don’t know the concept status after implementation the spread of conception become know the concept and spread of conception changing majority become positive changed, 3) Learning outcomes improved after implementation of the Predict-Observe-Explain strategy on Thermochemistry concept.