MANAJEMEN STRATEGIS iMADIUN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KOTA MADIUN DI PERPUSTAKAAN KOTA MADIUN
iMADIUN STRATEGIC MANAGEMENT IN INCREASING READING INTEREST IN MADIUN CITY LIBRARY
Penerapan perpustakaan digital merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang sekarang lebih akrab dengan digitalisasi. Menawarkan akses yang lebih cepat dan mudah, perpustakaan digital dipilih menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca. iMadiun merupakan salah satu perpustakaan digital yang ada di Karesidenan Madiun. Merupakan salah satu pelopor perpustakaan digital pertama di Karesidenan Madiun, iMadiun masih memiliki beberapa masalah seperti lamanya verifikasi email pendaftaran oleh admin, aplikasi hanya tersedia versi android saja hingga masih adanya error aplikasi. Masalah tersebut perlu untuk diperbaiki agar layanan aplikasi iMadiun dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui serta menganalisis strategi yang tepat dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui iMadiun berdasarkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara secara mendalam, observasi dan studi dokumen terkait. Kemudian dengan menggunakan indikator serta pengambilan strategi yang tepat dari analisis SWOT diperoleh hasil berupa strategi terbaik yang dapat digunakan oleh iMadiun yaitu strategi SO. Dengan strategi ini, iMadiun dapat memperoleh keuntungan maksimal dari peluang yang ada dengan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki.
Kata kunci : manajemen strategis, iMadiun, analisis SWOT
The application of digital libraries is one way to increase the reading interest of people who are now more familiar with digitalization. Offering faster and easier access, digital libraries have been chosen to be one way to increase interest in reading. iMadiun is one of the digital libraries in Madiun Residency. As one of the pioneers of the first digital library in the Madiun Residency, iMadiun still has several problems, such as the length of verification of the registration email by the admin, the application is only available for the android version, so there are still errors application. This problem needs to be fixed so that the iMadiun application service can help increase people's reading interest. This research was conducted with the aim of knowing and analyzing the right strategy in increasing public interest in reading through iMadiun based on a SWOT analysis. The research method used in this research is descriptive qualitative with SWOT analysis data analysis technique (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). SWOT analysis was carried out using primary and secondary data obtained by data collection techniques through in-depth interviews, observation and study of related documents. Then by using indicators and taking the right strategy from the SWOT analysis the results obtained are the best strategy that can be used by iMadiun, namely the SO strategy. With this strategy, iMadiun can take maximum advantage of existing opportunities by optimizing their strengths.
Keywords: strategic management, iMadiun, SWOT analysis