VALIDITAS E-LKPD “EKOSISTEM” BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA
VALIDITY OF E-LKPD “ECOSYSTEM” BASED ON SCIENTIFIC TO EXERCISE CRITICAL THINKING SKILLS CLASS X SHS STUDENT
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk menghadapi tantangan di abad ke-21.Oleh karena itu perlu dilatihkan kepada peserta didik. Keterampilan Berpikir kritis memiliki enam aspek yakni interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, regulasi diri. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 berbasis Saintifik maka jika dipadukan akan memberikan hasil yang baik karena pada dasarnya ada korelasi. Keterampilan ini harus dimiliki oleh peserta didik ketika memecahkan permasalahan dalam materi Ekosistem. Untuk mempermudahnya maka perlu dikembangkan media berupa Elektronik Lembar Kegiatan Peserta Didik (E LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang layak berdasarkan hasil validasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yaitu pendefinisian, desain, dan pengembangan tanpa diseminasi. Parameter yang diukur meliputi komponen kelayakan penyajian, komponen isi, komponen bahasa. Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi. Teknis analisis data secara deskriptif kuantitatif. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi dengan skor 3,62 kriteria sangat valid.
Kata Kunci : validitas, saintifik, E-LKPD, keterampilan berpikir kritis.
Abstract
Critical thinking skills are needed to face the challenges in the 21st century. Therefore, it needs to be trained for students. Critical thinking skills have six aspects, namely interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation, self-regulation. In accordance with the demands of the 2013 scientific-based curriculum, if combined, it will give good results because basically there is a correlation. These skills must be possessed by students when solving problems in the Ecosystem material. To make it easier, it is necessary to develop media in the form of Electronic Student Activity Sheets (E LKPD). This study aims to produce a feasible E-LKPD based on the validation results. This type of research is a development research with a 4-D model, namely definition, design, and development without dissemination. The parameters measured include the presentation feasibility component, content component, language component. Validation is carried out by educational experts, material experts and biology teachers. The data analysis technique is descriptive quantitative. Based on the research results, it shows that the E-LKPD that has been developed is suitable for use in learning based on the validation results with a score of 3.62, the criteria are very valid.
Keyword : validity, scientific, E-LKPD, critical thinking skills.