Strategi Program Good Morning Hard Rockers Show Untuk Meningkatkan Jumlah Pendengar (Studi Kasus Pada Hard Rock FM Surabaya)
Strategy of the Good Morning Hard Rockers Show Program to Increase the Number of Listeners (Case Study at Hard Rock FM Surabaya)
Perkembangan teknologi yang semakin pesat disertai dengan kondisi pasca pandemi membuat radio semakin terancam dan menimbulkan adanya perubahan pada industri media radio khususnya radio swasta. Perusahan radio swasta yang pendapatannya hidup dari iklan, mulai berkurang oleh adanya pengurangan budget oleh banyak company untuk beriklan khususnya pada radio. Dengan demikian, untuk bangkit dari situasi ini maka radio berupaya untuk meningkatkan jumlah pendengarnya agar dapat meningkatkan potensi ketertarikan brand/company untuk memasang iklan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bermaksud untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan jumlah pendengar melalui sebuah program siaran radio.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan program Good Morning Hard Rockers Show untuk meningkatkan jumlah pendengar pada radio Hard Rock FM Surabaya. Strategi yang diteliti ditinjau dengan menggunakan strategi program oleh Susan Tyler Eastman (2012) yang terbagi ke dalam lima kelompok strategi yaitu strategi kesesuaian, pembentukan kebiasaan, pengontrolan arus pendengar, penyimpanan sumber daya program, dan daya tarik massa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Good Morning Hard Rockers Show menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan jumlah pendengar yang terbagi menjadi strategi konten dan konteks. Beberapa di antara strategi-strategi tersebut terdapat langkah-langkah yang sesuai dengan lima kelompok strategi program oleh Susan Tyler Eastman (2012), yaitu kesesuaian, pembentukan kebiasaan, pengontrolan arus pendengar, penyimpanan sumber daya program, dan daya tarik massa. Dari hasil temuan penelitian juga diperoleh bahwa strategi yang diterapkan oleh program Good Morning Hard Rockers Show dapat meningkatkan jumlah pendengar, baik itu pendengar pada program itu sendiri maupun program lain.
The rapid development of technology accompanied by post-pandemic conditions has made radio even more threatened and has caused changes in the radio media industry, especially private radio. Private radio companies, whose income comes from advertising, are starting to decrease due to the reduction in the budget by many companies to advertise, especially on radio. Thus, to emerge from this situation, radio seeks to increase the number of listeners in order to increase the potential interest of brands/companies to place advertisements. Based on these problems the researcher intends to find out how the strategy is implemented to increase the number of listeners through a radio broadcast program.
This study aims to find out how the strategy implemented by the Good Morning Hard Rockers Show program is to increase the number of listeners on Hard Rock FM Surabaya radio. The strategies studied were reviewed using program strategies by Susan Tyler Eastman (2012) which are divided into five strategic groups, namely compatibility, habit formation, control of audience flow, conservation of program resources, and breadth of appeal. This research is a descriptive qualitative research using case study method. Data collection in this study was obtained through in-depth interviews, observation, and documentation.
The results of this study indicate that the Good Morning Hard Rockers Show Program applies various strategies to increase the number of listeners which are divided into content and context strategies. Some of these strategies have steps that correspond to the five groups of program strategies by Susan Tyler Eastman (2012), namely compatibility, habit formation, control of audience flow, conservation of program resources, and breadth of appeal. From the research findings it was also found that the strategy implemented by the Good Morning Hard Rockers Show program could increase the number of listeners, both listeners to the program itself and other programs.