Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna mobile banking bank syariah yaitu persepsi kebermanfatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan sikap nasabah baik secara langsung maupun tidak langsung. Sampel penelitian sebanyak 180 responden dari 8 bank syariah dan 7 kabupaten atau kota di Jawa Timur. Teknik analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis jalur dengan menggunakan program AMOS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif terhadap sikap nasabah bank syariah dalam menggunakan Mobile Banking Based Apps. Sedangkan secara parsial, diperoleh hasil bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh signifikan dan positif. Selain itu, diperoleh pula hasil bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, serta sikap nasabah bank syariah pengguna mobile banking based apps berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat. Persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui sikap nasabah terhadap minat. Penelitian juga memperoleh hasil bahwa persepsi kebermanfaatan memiliki hubungan secara positif dengan persepsi kemudahan penggunaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh faktor-faktor yang digunakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pengguna mobile banking bank syariah di Jawa Timur.
The purpose of this research aims to find out factors influencing mobile banking users intention such as perceived usefullness, perceived ease of used, attitude in direct or indirect effects. The samples in this research are 180 respondent from 8 sharia banks and 7 regions in East Java. This research used path analysis with AMOS version 22 programs to test the hypothesis.This research show simultaneously that perceived usefulness and perceived ease of used are positively influencing the sharia bank consumers attitude to adopt mobile banking based apps. In partially, perceived usefulness and perceived ease of used also are significantly and positively. Beside that, the research get the result that perceived usefulness, perceived ease of used, sharia banking consumers attitude of mobile banking users are significantly and positively influencing the intention. Perceived usefullness and perceived ease of use have significantly and positively indirect effects to intention through sharia bank consumers attitude. The research also get the result that perceived usefullness has positively relation with perseived ease of used. So, all of the factors in this research have significantly and positively effects to mobile banking users intention of sharia bank in East Java