PERAN ORANG TUA DALAM MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
PAKET B DI SKB GRESIK
The Role of Parents in Motivating Learners at District Technical Office for Early Childhood, Nonformal and Informal Education Gresik
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis peran orang tua dalam motivasi belajar peserta didik. Serta mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran di SKB Gresik. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, untuk menjabarkan fenomena-fenomena yang ditemui dilapangan, data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dihimpun dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa. Orang tua sebagai pemilik otoritas tertinggi dalam keluarga memiliki peran yang penting di dalam proses belajar anak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Peran orang tua sangat dibutuhkan anak untuk mendorong dan memacu motivasi dalam proses belajar anak. Dengan adanya perhatian didalam proses belajar anak berupa keterlibatan orang tua yang berperan sebagai teladan, fasilitator dan sebagai motivator, akan membantu menjaga tingkat motivasi belajar anak, sehingga anak mampu untuk berkembang secara mandiri hingga sukses dimasa mendatang.
The purpose of this research is to describe and analyze the role of parents on students' learning motivation. And also describe the learning motivation of students in learning at SKB (District Technical Office for Early Childhood, Nonformal and Informal Education) Gresik. The method used in this research is a qualitative method with the type of field research. The writing method used in this research is a descriptive method that aims to describe the phenomena found in the field, the data collected in this study were collected by means of observation, interviews and documentation, with data analysis using data collection techniques, data reduction, data analysis, data presentation and conclusion drawing. The results obtained in this study indicate that. Parents as the highest authority in the family have an important role in the learning process of children, both directly and indirectly. The role of parents is needed by children to encourage and spur motivation in the child's learning process. With attention in the child's learning process in the form of parental involvement that acts as a role model, facilitator and as, will help maintain the level of motivation of children's learning, so that children are able to develop independently to success in the future.