Indonesia dan maritim memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Negeri ini sudah sejak lama terkait dan menjalin hubungan akrab dengan laut. Dikarenakan dengan jumlah kurang lebih 17.504 pulau besar dan kecil membuat transportasi laut menjadi sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Dari berbagai transportasi laut salah satu jenis transportasi laut yang umum adalah kapal. Namun dari pilihan transportasi tersebut kapal laut masih menyumbang angka kecelakaan transportasi selain transportasi darat dan udara. Terjadinya kecelakaan pada transportasi laut dapat diakibatkan oleh timbulnya penurunan pada kekuatan dan usia kapal. Dampak peristiwa tersebut salah satunya diakibatkan oleh korosi. Korosi merupakan masalah umum yang dihadapi pengguna material logam seperti material logam baja karbon rendah (mild steel) yang penggunaanya sebagai material pembuatan kapal. Korosi yang muncul pada material baja karbon rendah (mild steel) beragam dan saling bersinergi. Korosi erosi merupakan salah satu korosi yang terjadi pada material baja karbon rendah (mild steel) yang dikarenakan adanya gesekan material dengan media pengkorosi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dilakukan dengan tiga jenis air laut yaitu Gresik, Surabaya, dan Lamongan sebagai media pengkorosi sesuai dengan ASTM G31-72. Obyek penelitian menggunakan lembaran plat baja karbon rendah (mild steel) yang diambil dari PT. Dok dan Perkapalan Indonesia yang dipotong dengan dimensi 20mm x 28mm x 7mm. Spesimen yang diuji berjumlah 9 spesimen yang diuji pada tiga variasi laju aliran dan ketiga media air laut. Dengan variasi laju aliran yaitu 1,28 knot, 1,74 knot, 2,31 knot yang akan menumbulkan perbedaan. Hasil dari pengujian kemudian dihitung dengan metode kehilangan berat (weigh lost) untuk mengetahui laju korosi spesimen, selanjutnya akan dilihat pula struktur mikro dari permukaan spesimen untuk mengetahui perbedaannya secara visual.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kecepatan laju aliran media pengkorosi sangat berpengaruh terhadap laju korosi yang terjadi pada spesimen, semakin besar laju aliran media pengkorosi semakin besar pula laju korosinya. Hal tersebut dipengaruhi oleh padatan yang terlarut dalam media pengkorosi yang mengalami gesekan dengan permukaan spesimen baja karbon rendah sehingga dapat mengikis permukaan spesimen baja karbon rendah. Sebagai pembuktian dari hasil pengujian dengan media pengkorosi air laut Gresik dengan lama waktu perendapam 96 jam dan kecepatan laju aliran 2,31 knot, baja karbon rendah mengalami kehilangan berat tertinggi sebesar 2,7472mmpy.
Kata Kunci : Laju korosi, Mild Steel, Air Laut, Laju Alir.
Indonesia and maritime are inseparable from each other. This country has long been associated with and established close relations with the sea. Due to the number of approximately 17,504 large and small islands making sea transportation very important for the people of Indonesia. From various sea transportation, one of the common types of sea transportation is ship. However, from these transportation options, ships still contribute to transportation accident figures other than land and air transportation. An accident in sea transportation can be caused by a decrease in the strength and age of the ship. One of the impact of the incident was caused by corrosion. Corrosion is a common problem faced by users of metal materials such as mild steel metal materials which are used as shipbuilding materials. Corrosion that arises in low carbon steel materials (mild steel) is diverse and synergic with each other. Erosion erosion is one of the corrosion that occurs in low carbon steel material (mild steel) due to the friction of the material with the corroding media.
This research uses quantitative and qualitative experimental methods. The test was carried out with three corroding media, namely Gresik sea water, Surabaya and Lamongan as the corroding media in accordance with ASTM G31-72. The object of the study was using mild steel plate sheets (mild steel) taken from PT. Indonesian Docks and Shipping cut with dimensions of 20mm x 28mm x 7mm. Specimens tested amounted to 9 specimens tested on three variations in flow velocity and three seawater media. With variations in flow speed of 1.28 knots, 1.74 knots, 2.31 knots which will be immersed for 96 hours with a volume of sea water 20 liters. The difference between the initial and final weight of the test results is then calculated by the weight loss method to determine the corrosion rate of the specimen, then the microstructure of the specimen's surface will also be seen to determine the difference visually.
The results obtained from this study are that the rate of corrosive media flow rate is very influential on the corrosion rate that occurs in the specimen, the greater the corroding media flow rate, the greater the corrosion rate. This is influenced by solids dissolved in the corroding media, which is seawater which experiences friction with the surface of low carbon steel specimens so that it can erode the surface of low carbon steel specimens. The results showed the highest corrosion rate occurred in Gresik sea water corroding media with a salinity of 20‰ of 2.7472mmpy.
Keywords: Corrosion rate, Mild Steel, Sea Water, Flow Velocity.