PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI RUPA MENGGAMBAR KARIKATUR DENGAN TEKNIK MONTASE KELAS VIII B SMP NEGERI 2 BANCAR KABUPATEN TUBAN
Perkembangan pembelajaranseni budaya menjadisuatu tantangan bagi pendidik dengan materi yang tidak sedikit sekaligus proses media untuk berkarya dan bahan baru dengan montase di padukan dengan materi seni rupa 2 dimensi yaitu menggambar karikatur.
Tujuan penelitian ini di lakukan adalah (1) Bagaimana proses persiapan menggambar karikatur dengan teknik montase pada siswa kelas VIII B Smp Negeri 2 Bancar, 2)bagaimana hasil berkarya menggambar karikatur dengan teknik montase, (3)
Bagaimana tanggapan siswa dan guru terhadap hasil karya menggambar karikatur dengan menggunakan teknik montase. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Bancar. Wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data.
Penyelidikan informasi dengan menggunakan strategi reduksi informasi, penyajian informasi, dan penentuan pencapaian, kemudian pada saat itu disetujui oleh triangulasi sumber.
Hasil tinjauan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII B telah menyelesaikan pengalaman mengembangkan materi dua lapis dengan menggambar kartun menggunakan prosedur montase yang mampu memahami makna seni rupa dua dimensi, karikatur, klasifikasi unsur, dan teknik seni rupa dua dimensi, menjelaskan alat dan bahan yang digunakan, bagaimana teknik montase digunakan untuk membuat karya seni dua dimensi, dan mengapa teknik montase digunakan untuk membuat karya seni dua dimensi. Serta menghasilkan karya montase 2 dimensi ukuran A4 seperti biasa dengan kriteria hasil kelompok 5 tergolong sangat baik dengan skor 86, kelompok 3,4,2 dan 1 tergolong cukup baik dengan skor 83,81,78 dan 76, sedangkan kelompok 6 tergolong kurangdengan skor 70 berdasarkan pemilihan objek yang berbeda setiap kelompok dan gambar tanpa warna, dan untuk teknik montase atau menempelnya sangat sedikit padahal diawal kesepakatan gambar tangan 50% dan menempel 50%. Jadi peserta didik kelas VIII B telah menghasilkan karya seni montase yaitu Menggambar karikatur dengan sangat baik di setiap kelompok, proses diawal sampai diakhir. Tanggapan guru seni dan budaya dan siswa terhadap penelitian ini mengarah pada penciptaan instruksi pembuatan seni untuk sekolah dan peneliti, serta kontribusi dan alternatif.
Kata Kunci : 2 dimensi, montase, karikatur, menggambar
The development of art and culture learning is a challenge for educators with a lot of material as well as a media process for creating and new material with montage combined with 2-dimensional art material, namely drawing caricatures.
The objectives of this research were (1) What was the preparation process for drawing caricatures using the montage technique for class VIII B students of Bancar 2 Public Middle School, 2) How did the results of the work draw caricatures using the montage technique, (3) How did students and teachers respond to the results of drawing works caricatures using montage techniques.
This research is a descriptive study with a qualitative approach with research subjects namely class VIII B students of SMP Negeri 2 Bancar. Interviews, observations, and documentation as data collection methods. Investigation of information using information reduction strategies, presenting information, and determining achievement, then at that time approved by triangulation of sources
The results of the review show that class VIII B students have completed the experience of developing two-layer material by drawing cartoons using montage procedures that are able to understand the meaning of two-dimensional art, caricatures, element classification, and two-dimensional art techniques, explain the tools and materials used, how montage techniques are used to create two-dimensional works of art, and why are montage techniques used to create two-dimensional works of art. As well as producing montage works of 2 dimensions A4 size as usual with the results criteria group 5 is classified as very good with a score of 86, groups 3,4,2 and 1 are quite good with a score of 83,81,78 and 76, while group 6 is classified as poor with a score 70 based on the selection of different objects for each group and images without color, and for montage techniques or pasting there is very little even though at the beginning the agreement was 50% hand drawing and 50% sticking. So students in class VIII B have produced montage works of art, namely drawing caricatures very well in each group, from the beginning to the end. Arts and culture teachers' and students' responses to this research led to the creation of art-making instructions for schools and researchers, as well as contributions and alternatives.
Keywords; 2 dimensions, montage, caricature, drawing