Pengaruh Literasi Halal dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Makanan Halal Masyarakat Kota Surabaya
The Influence Of Halal Literacy and Religiosity on the Interest in Consuming Halal Food in Surabaya City
Dalam agama islam diwajibkan untuk memakan makanan yang halal dan thoyyib, namun hal tersebut masih belum dipahami oleh beberapa masyarakat. Sampai saat ini, sebagian masyarakat belum melihat dampak pemahaman agama terhadap produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi makanan halal masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data prime, dengan membagikan kuesioner kepada responden melalui google form kemudian diolah dengan menggunakan alat statistik SPSS. Hasil penelitian ini adalah variabel literasi halal dan religiusitas secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat konsumsi makanan halal masyarakat kota Surabaya dengan nilai kontribusi sebesar 65,9%.
In Islam, it is required to eat halal and thoyyib food, but this is still not understood by some people. Until now, some people have not seen the impact of religious understanding on halal products. This study aims to analyze the influence of halal literacy and religiosity on halal food consumption interest among Surabaya city residents. This research uses a quantitative approach with prime data by distributing questionnaires to respondents via Google Form and then processing them using SPSS statistical tools. The results of this study show that the variables of halal literacy and religiosity partially and simultaneously affect the interest in consumption of halal food in the city of Surabaya, with a contribution value of 65.9%.