Tujuan penelitian ini antara lain 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada Dalam Membuat Desain Hiasan Bordir Pada Mata Pelajaran Hiasan Busana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar S iswa Kelas XI Di SMKN 1 Sooko 2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Dalam Membuat Desain Hiasan Bordir Pada Mata Pelajaran Hiasan Busana Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Sooko. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dan model one shot case study . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sooko pada kelas XI Desain dan jumlah peserta didik sebanyak
22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Project Based Learning pada desain hiasan bordir, angket untuk mengetahui respon belajar siswa dan tes untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model
pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat dari keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam desain hiasan bordir pada mata
pelajaran hiasan busana memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7 untuk aktivitas guru dan nilai rata-rata sebesar 3,4 untuk aktivitas peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada tes kognitif memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,5 dan nilai rata-rata tes psikomotor memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5. Rata-rata keseluruhan nilai hasil belajar peserta didik memperoleh nilai sebesar 86,4 yang dinyatakan tuntas KKM. Sebanyak 85% peserta didik Tuntas KKM dan 15% Tidak Tuntas KKM.
Kata kunci : Project Based Learning, hasil belajar, desain bordir, pola desain bordir.