Pengembangan Buku Suplemen Bahasa Jepang Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Bagi Siswa SMA
Development of a Digital-based Japanese Language Supplement Book in Japanese Language Online Learning for High School Students
Pertiwi, Chitra Dewi. 2023. Pengembangan Buku Suplemen Bahasa Jepang Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Bagi Siswa SMA . Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Didik Nurhadi, M.Pd, MA, P.hD., (II) dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.
Kata- Kata Kunci: Pengembangan Buku Pembelajaran, Berbasis Digital, Bahasa Jepang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran bahasa Jepang ketika pandemi covid -19 melanda Indonesia menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah harus dilaksanakan secara berani atau jarak jauh, sehingga membutuhkan buku pegangan yang dapat diakses secara digital. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah mengembangkan buku suplemen pembelajaran bahasa Jepang berbasis digital untuk meningkatkan penguasaan bahasa Jepang dasar bagi siswa SMA.
Penelitian ini menggunakan beberapa langkah pengembangan sebuah produk yang disarankan pada teori Borg and Gall dengan beberapa tahapan, yaitu Pencarian dan Pengumpulan Informasi , Perencanaan, Pengembangan Produk Tahap Awal, Penyusunan Produk, Validasi Produk Tahap I, Perevisian Produk Tahap I, Validasi Produk Tahap II, Perevisian Produk Tahap II, Uji Coba Lingkup Kecil, Perevisian Produk Tahap III, Uji Coba Lapangan I, Revisi Produk Tahap Akhir. Instrumen pada penelitian ini telah divalidasi oleh 3 ahli yang terkait dengan isi atau bahan, bahasa, penyajian dan . Instrumen pada penelitian ini juga telah diujicobakan pada Siswapada kelas X MIPA SMA KAWUNG 1 SURABAYA sejumlah 23 orang dan Siswa pada tingkat kelas X IPS dengan jumlah 20 dari SMA KAWUNG 2 SURABAYA.
Hasil analisis berdasarkan proses dan kualitas dari pengembangan produk, hasil yang didapatkan adalah pada tingkat kurang layak dan layak, pada Kelayakan adalah memperoleh skor dengan proporsi 70 % yang berada pada tingkatan kurang layak. Pada kelayakan bahasa, memperoleh skor dengan proporsi 74% yang berada pada tingkatan yang cukup layak. Pada kelayakan penyajiannya, memperoleh skor dengan proporsi 71% yang berada pada tingkatan cukup layak. Pada kelayakan kegrafikaan, memperoleh skor dengan proporsi 72% yang berada pada tingkatan yang cukup layak. Skor total yang diperoleh adalah 82 dengan predikat sangat praktis yang diberikan oleh pengajar I dan skor 78 sesuai dengan predikat sangat praktis yang diberikan oleh pengajar II. Untuk aktivitas siswa selama pembelajaran, mendapat skor total proporsi 88% dengan predikat sangat praktis. Untuk aktivitas pengajar selama pembelajaran memperoleh skor total proporsi 90% yang memiliki predikat sangat praktis. Oleh karena itu, pada kategori kepraktisan ini, dapat bermakna bawah buku suplemen ini sangat praktis. Untuk respon pengembang memberikan skor dengan total 36, yaitu pengembang I dan II memberikan skor 4 pada 4 poin keamanan dan skor 5 pada 4 poin kepemilikan. Untuk hasil proyek memeroleh hasil rata-rata nilai siswa adalah 92. Nilai tertinggi adalah 98 dan nilai terendah adalah 86. Untuk respon siswa berada pada kriteria sangat efektif dan efektif dengan rincian terdapat 19 siswa dengan kriteria efektif, 24 siswa mendapatkan nilai dengan efektif. kriteria sangat
Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Buku Suplemen Bahasa Jepang Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Bagi Siswa SMA ini valid, praktis dan efektif.
Pertiwi, Chitra Dewi. 2023. Development of a Digital-based Japanese Language Supplement Book in Japanese Language Online Learning for High School Students. Thesis. Department of Language and Literature Education, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor: (I) Didik Nurhadi, M.Pd, MA, P.hD., (II) dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.
Keywords: Learning Book Development, Digital Based, Japanese Language.
This research is motivated by Japanese language learning when the Covid-19 pandemic hit Indonesia causing teaching and learning activities in schools to be carried out bravely or remotely, thus requiring a handbook that can be accessed digitally. The purpose of this research is to develop a digital-based Japanese language learning supplement book to improve mastery of basic Japanese for high school students.
This research uses several steps of developing a product suggested in the Borg and Gall theory with several stages, namely Information Search and Gathering, Planning, Early Stage Product Development, Product Preparation, Phase I Product Validation, Phase I Product Revision, Phase II Product Validation, Phase II Product Revision, Small Scope Trial, Phase III Product Revision, Field Trial I, Final Stage Product Revision. The instruments in this study have been validated by 3 experts related to content or material, language, presentation and content. The instruments in this study have also been tested on students in the X MIPA class of SMA KAWUNG 1 SURABAYA totaling 23 people and students at the X IPS class level with a total of 20 from SMA KAWUNG 2 SURABAYA.
The results of the analysis based on the process and quality of product development, the results obtained are at the level of less feasible and feasible, on feasibility is to obtain a score with a proportion of 70% which is at a less feasible level. On the feasibility of language, obtaining a score with a proportion of 74% which is at a fairly decent level. On the feasibility of presentation, obtaining a score with a proportion of 71% which is at a fairly decent level. On the feasibility of graphics, obtained a score with a proportion of 72% which is at a fairly decent level. The total score obtained was 82 with a very practical predicate given by trainer I and a score of 78 according to the very practical predicate given by employer II. For student activities during learning, a total score of 88% proportion with a very practical predicate. For the activity of the caregiver during learning, it received a total proportion score of 90% which has a very practical predicate. Therefore, in this practicality category, it can be interpreted that this supplement book is very practical. For the developer's response, they gave a score with a total of 36, namely developers I and II gave a score of 4 on 4 security points and a score of 5 on 4 ownership points. For the project results, the average student score was 92. The highest score was 98 and the lowest score was 86. For student responses, it is in the very effective and effective revocation with details there are 19 students with effective revocation, 24 students get scores with effective. very criteria.
Based on the data analysis above, it can be interpreted that the Development of Digital-Based Japanese Language Supplement Book in Japanese Language Online Learning for High School Students is valid, practical and effective.