Tujuan Penelitian ini ialah untuk menganalisis apakah guru telah melaksanakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menganalisis capaian hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), dan untuk menganalisis respon peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan rancangan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam Penelitian ini yakni peserta didik kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 2 Buduran tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan Kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa lembar observasi, lembar tes, dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis pelaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar peserta didik, dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) sesuai dengan sintaks pada RPP ditunjukkan dengan perolehan skor keterlaksanaan 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Hasil belajar mengalami peningkatan, ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 72,22% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) mendapat respon yang sangat positif ditunjukkan dengan perolehan rata-rata 77,27% pada siklus I dan 88,15% pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Heads Together, Simpanan dana deposito
The purpose of this study is to analyze whether teachers have implemented the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning models to analyze student learning outcomes in the application of the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model, and to analyze student’s response in the application of the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model. This research is included in the Classroom Action Research (CAR) using Kemmis and Mc. Taggart design. Subjects in this research are 36 students from class X Accounting 4 Vacation High School 2 Buduran years of studies 2018/2019. Data collection techniques done by using observation, tests and questionnaires. Research instrument used are observation sheets, test sheets, and questionnaire sheets. Data analysis techniques used are implementation learning, students learning outcomes analysis, and analysis of student responses. The results showing that teacher has implemented the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model according to the syntax in the RPP showed by score gained from implementation aspect by 80% in cycle I and 90% on cycle II. Learning outcomes have increased, proved by classical completeness by 72.22% on cycle I increased to 83.33% on cycle II. Student responses to the application of the cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) gets very positive response showed by the acquisition of an average of 77.27% on cycle I and 88.15% on cycle II.
Keywords: Learning Lutcomes, Numbered Heads Together (NHT), Saving Deposits.