Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model-model pembelajaran argumentasi berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) serta implikasinya terhadap peningkatan keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research yaitu penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menelaah atau menganalisis beberapa artikel penelitian yang relevan. Teknik analisis yang digunakan antara lain: (1) organize, yaitu mengorganisasikan literatur yang akan direview; (2) Synthesize, yaitu menggabungkan hasil organisasi literatur agar menjadi literatur yang padu; (3) Identify, yaitu mengidentifikasi literatur untuk disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dapat meningkatkan keterampilan argumentasi serta pemahaman konsep khususnya dalam bidang fisika. Keterampilan argumentasi peserta didik rata-rata meningkat dari level 1 hingga level 3, namun ada beberapa yang dapat mencapai level 4. Peningkatan keterampilan argumentasi juga mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep fisika, hal ini dapat diketahui dari hasil pre test dan post test rata-rata memperoleh nilai gain dengan taraf signifikan yang tergolong kriteria sedang-tinggi yaitu sebesar 0,37-0,82. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model-model pembelajaran argumentasi dapat mempengaruhi keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata model pembelajaran argumentasi berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dapat meningkatkan keterampilan argumentasi serta dapat meningkatkan pemahaman konsep khususnya dalam bidang fisika.
Kata kunci: Argumentasi ilmiah, Pemahaman konsep, Toulmin’s Argument Pattern (TAP), Library Research
This study aims to describe the application of Toulmin's Argument Pattern (TAP) based argumentation learning models and their implications for improving argumentation skills and understanding of physics concepts. This research uses the type of library research that is library research with data collection methods carried out by analyzing or analyzing several relevant research articles. The analysis techniques used include: (1) organize, namely organizing the literature to be reviewed; (2) Synthesize, which combines the results of the organization of literature to become a unified literature; (3) Identify, which is identifying the literature to be concluded. Based on the results of the study, it was found that the application of learning based on Toulmin's Argument Pattern (TAP) can improve argumentation skills as well as understanding concepts especially in physics. The argumentation skills of students on average increase from level 1 to level 3, but there are some that can reach level 4. Increased argumentation skills also affect the increase in understanding of physics concepts, this can be known from the results of the pre-test and post-test the average score gain with a significant level classified as medium-high criteria that is equal to 0.37-0.82. The results of this study indicate that argumentation learning models can influence argumentation skills and conceptual understanding. So it can be concluded that the average argument learning model based on Toulmin's Argument Pattern (TAP) can improve argumentation skills and can improve understanding of concepts especially in the field of physics.
Keyword: Scientific argumentation, Concept Understanding, Toulmin’s Argument Pattern (TAP), Library Research