SIMULASI PELAYANAN BONGKAR MUAT KAPAL GENERAL CARGO NON PETIKEMAS UNTUK OPTIMALISASI KINERJA PENGGUNAAN FASILITAS PADA TERMINAL MIRAH
THE SIMULATION OF UNLOADING AND LOADING OF NON-CONTAINER GENERAL CARGO VESSELS TO OPTIMIZE THE PERFORMACE FACILITIES USING AT MIRAH TERMINAL
Terminal Mirah merupakan jenis terminal konvensional serba guna. Terdapat peningkatan kinerja pada pelaksanaan bongkar muat general cargo. Kinerja tersebut meliputi kinerja pelayanan kapal, bongkar muat, ultilitas penggunaan fasilitas, dan daya lalu fasilitas.
Simulasi akan diterapkan sebagai upaya optimalisasi dalam pelayanan bongkar muat general cargo untuk rencana 10 tahun kedepan. Simulasi tersebut menggunakan data fasilitas dan hasil peramalan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kinerja pelayanan kapal, kinerja penggunaan fasilitas, peramalan, dan simulasi untuk optimalisasi kinerja fasilitas.
Hasil peramalan pengunaan fasilitas penumpukan untuk tahun 2032 adalah SOR adalah 68,13%, YOR adalah 104,05%, STP adalah 6,81 ton/m², YTP adalah 10,69 ton/m². Simulasi yang digunakan untuk optimalisasi kinerja untuk tahun 2032 adalah simulasi 3 untuk kinerja ultilitas fasilitas dan simulasi 1 untuk daya lalu fasilitas. Nilai SOR adalah 30,10% Nilai YOR adalah 45,29%. Nilai STP adalah 3,94 ton/m². Untuk nilai YTP adalah 5,17 ton/m². Penerapan SOP yang baru akan dibutuhkan untuk mengatur ulang pelaksanaan operasi bongkar muat. Penambahan fasilitas juga dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas penggunaan. Sehingga, perubahan SOP terbaru dan penambahan fasilitas dapat mengoptimalisasi kinerja pelayanan bongkar muat general cargo.
Kata Kunci : Optimalisasi, Kinerja, Kapal, Terminal, Simulasi
Mirah terminal is a multi conventional terminal. There are performance enhancement on general cargo loading and unloading service. The performance are vessel performance, loading and unloading performance, facilities utilities performance, and facilities power performance.
The simulation will be applied as optimizing effort in general cargo loading and unloading service for 10 years planning. The simulation use facilities data and forecasting results. Data analysis that used are vessel performance service analysis, facilities using performance, forecasting and simulation for optimizing facilities performance
The results of facilities using performance forecasting for 2032 are SOR that has 68,13%, YOR that is 104,05%, STP that is 6,81 ton/m², YTP that is 10,69 ton/m². The simulation that used for optimizing performance are the third simulation for utility performances of facilities and the first simulation for facilities using power performance. SOR result with the third simulation is 27,38% in 2032, YOR result with the third simulation is 45,29% in 2032, STP is 3,94 ton/m² in 2032, and YTP is 5,17 ton/m² in 2027.The newest regulation application will be needed to reset the loading and unloading operational. The facilities enhancement will be need to enhance using capacities. So, the regulation changing and facilities enhancement will can optimize general cargo loading and unloading.
Key words : Optimize, Performance, Vessel, Terminal, Simulation