HEGEMONI DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP
KARYA BENE DION RAJAGUKGUK
(KAJIAN HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI)
HEGEMONY OF BENE DION RAJAGUKGUK
NGERI-NGERI SEDAP FILM
(A STUDY OF ANTONIO GRAMSCI HEGEMONY)
Film Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan tentang usaha Pak Domu mewujudkan citra yang baik dalam masyarakat yang sesuai dengan standar adat batak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk praktik hegemoni yang ada dalam film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dengan menggunakan teori Hegemoni Antonio Gramsci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatitf dengan menggunakan pendekatan mimetik. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak-catat dan menggunakan metode hermeneutik untuk menganalisis data. Hasil dalam penelitian ini adalah ditemukan tiga belas praktik hegemoni yang sesuai dengan enam pilar hegemoni Antonio Gramsci.
Kata Kunci: Hegemoni, Ngeri-Ngeri Sedap, Batak
The film Ngeri-Ngeri Sedap tells the story of Pak Domu's efforts to create a respectable image in society according to Batak traditional standards. This research aims to describe the forms of hegemonic practices in Bene Dion Rajagukguk's Ngeri-Ngeri Sedap film by using Antonio Gramsci's Hegemony Theory. This research is qualitative research using a mimetic approach. The collection of data used in this research is using note-taking technique and using the hermeneutic method to analyze the data. The outcomes of this research found thirteen hegemonic practices that are in accordance with the six pillars of Antonio Gramsci's hegemony.
Keywords: Hegemony, Ngeri-Ngeri Sedap, Batak