HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU PSIKOLOGI
THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF REGULATION AND SELF ADJUSTMENT FOR NEW PSYCHOLOGY STUDENTS
Perubahan lingkungan yang dialami mahasiswa baru menyebabkan mereka harus melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan tersebut. Dengan regulasi diri yang baik dapat membantu mahasiswa baru untuk dapat menyesuaiakan diri dengan lingkungan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri mahasiswa baru psikologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional yakni untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas berbuhungan dengan variabel terikat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yakni semua populasi dijadikan subjek yakni sejumlah 156 dengan 30 orang mahasiswa digunakan untuk tryout dan 126 orang mahasiswa digunkan untuk pengambilan data. Penelitian ini dilakukan menggunakan skala regulasi diri dan skala penyesuaian diri yang akan dianalisis dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment pearson correlations dengan signifikansi 0,000 (p > 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 sehingga menunjukkan bahwa regulasi yang tinggi maka semakin mudah mahasiswa baru untuk melakukan penyesuain diri dan sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka mahasiswa kurang dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan. Kata Kunci : Regulasi Diri, Penyesuaian Diri, Mahasiswa
Changes in the environment experienced by new students cause them to make adjustments to the environment. With good self-regulation can help new students to be able to adjust to the lecture environment. This study aims to determine the relationship between self-regulation with the adjustment of new psychology students. The method used in this study is a quantitative approach with correlational techniques, namely to determine the extent to which the independent variable is related to the dependent variable. The sampling technique in this study used a saturated sample where all the population was used as a subject, namely a number of 156 with 30 students used for the tryout and 126 students used for data collection. This research was conducted using a self-regulation scale and a self-adjustment scale which will be analyzed with the help of SPSS 25.0 for windows. The data analysis used in this study is product moment Pearson correlations with a significance of 0.000 (p > 0.05) which indicates that there is a relationship between self-regulation and self-adjustment and a correlation coefficient value of 0.612, indicating that the higher the regulation, the easier it is for new students. to make adjustments and vice versa, the lower the self-regulation, the less students can make adjustments to the environment. Keywords : Self Regulation, Self Adjusment, College Student