ABSTRAK
TATA RUANG KANTOR DI DINAS PERTANIAN DAN KATAHANAN PANGAN PROVINSI JAWA TIMUR
(Studi pada Sub Bagian Tata Usaha)
Nama : Mutmainatul Khulub
NIM : 16040263080
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Admnistrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Yuni Lestari, S.AP, M.AP.
Tata ruang kantor merupakan pengaturan peralatan dan fasilitas kantor dalam ruangan yang tersedia. Penataan tata ruang kantor terbilang penting mengingat hampir sepertiga waktu pegawai dialokasikan didalam kantor untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Penataan tata ruang kantor yang baik dan benar dapat membantu sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja. Lingkungan kantor juga mempengaruhi produktivitas dan efisiensi kerja seorang pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tata ruang kantor di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (Studi pada Sub Bagian Tata Usaha).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskrptif kualitatif. Fokus penelitian yang digunakan adalah bentuk tata ruang dan faktor-faktor dalam lingkungan kantor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga data yang terkumpul cukup valid untuk dijadikan sebagai bahan tugas akhir.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa : (1) bentuk tata ruang kantor di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur khususnya pada ruang Sub Bagian Tata Usaha menggunakan bentuk tata ruang kantor gabungan yang bertujuan untuk menjaga privasi pimpinan dalam melakukan pekerjaan dan memudahkan pegawai dalam melakukan komunikasi dan kordinasi. (2) faktor-faktor dalam lingkungan kantor harus diperhatikan agar memberikan kenyamanan bagi pegawai seperti, cahaya, warna, udara dan suara. Faktor-faktor dalam lingkungan kantor tersebut sudah diterapkan dengan baik. Namun masih terdapat beberapa kendala yang terjadi pada ruang Sub Bagian Tata Usaha seperti suhu udara yang tidak bisa menyebar keseluruh ruangan sehingga membuat beberapa pegawai kurang nyaman dengan udara tersebut dan masih terdapat suara yang dapat mengganggu konsentrasi kerja pegawai.
Saran yang dapat diberikan untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur adalah Perlu menambahkan Filling cabinet pada ruang pegawai Sub Bagian Tata Usaha, perlu menambahkan fasilitas yang menunjang pegawai dalam bekerja seperti scanner, karena jumlah fasilitas yang ada masih sangat terbatas, perlu memperhatikan peletakan AC pada ruangan sehingga udara bisa menyebar dengan baik keseluruh ruangan, perlu memberikan peraturan larangan bercanda pada jam kerja pada setiap sudut ruangan sehingga tidak mengganggu konsentrasi pegawai dalam bekerja.
Kata kunci: Tata Ruang Kantor,Tata ruang Gabungan
ABSTRACT
OFFICE LAYOUT AT AGRICULTURAL DEPARTMENT AND FOOD SECURITY OF EAST JAVA PROVINCE
(Study in Sub Division of Administration)
Name : Mutmainatul Khulub
Study Program : DIII Administrasi Negara
Departement : Admnistrasi Publik
Faculty : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Yuni Lestari, S.AP, M.AP.
Office layout is an arrangement of available office equipment and indoor facilities. Office layout is quite important considering that almost one third of the time employees are allocated in the office to do office work. Good and correct arrangement of office spatial planning can help human resources to improve work productivity. The office environment also affects the productivity and work efficiency of an employee. The purpose of this study was to describe the office layout in the Agriculture Service and Food Security East Java Province (Study in Sub Division of Administration).
The research approach used is qualitative descriptive research method. The focus of the research used is the form of spatial planning and factors in the office environment. The technique of data collection is done in three stages, namely observation, interviews and documentation. While the data analysis technique uses four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. So that the collected data is valid enough to be used as the final assignment material.
The results of this study illustrate that: (1) the form of office layout in the Department of Agriculture and Food Security in East Java Province, especially in the Administration Sub-Section uses a form of joint office layout that aims to maintain the privacy of leaders in carrying out work and facilitate employees in communicating and coordination. (2) factors in the office environment must be considered in order to provide comfort for employees such as light, color, air and sound. The factors in the office environment have been well implemented. However, there are still some obstacles that occur in the Sub Division of Administration, such as the air temperature that cannot spread throughout the room, making some employees less comfortable with the air and there are still sounds that can disrupt the work concentration of employees.
Suggestions that can be given to the Agriculture Service and Food Security of East Java Province are the need to add a Filling cabinet to the staff of the Sub-Division of Administration, it is necessary to add facilities that support employees in working like scanners, because the number of facilities is still very limited, need to pay attention to the placement of air conditioners in the room so that air can spread well throughout the room, it is necessary to provide rules for prohibiting joking on working hours at every corner of the room so as not to interfere with the concentration of employees at work.
Keywords: Office Layout, Combined Spatial Planning