PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENANGANAN LIMBAH B3 DAN NON B3 BERBASIS SETS
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR HANDLING HAZARDOUS AND NON HAZARDOUS WASTE BASED ON SETS
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kelayakan bahan ajar penanganan limbah berbahaya dan tidak berbahaya berdasarkan Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (SETS). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D (empat D Model) direkomendasikan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan, yang terbatas pada tahap pengembangan. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X KI2 di SMK Negeri 5 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar diperoleh persentase 83,27% dengan kategori sangat valid, observasi dan angket tanggapan siswa 97,62% dan 90,59% sangat praktis, dan uji hasil belajar siswa menghasilkan nilai signifikan pada uji normalitas Kolmogorov-Smirnov memperoleh nilai pretest 0,191 dan posttest 0,180 sehingga lebih besar dari 0,05 sehingga berdistribusi normal dan uji Paired Sample t-Test memperoleh pretest signifikan dan nilai signifikan 0,000 posttest lebih kecil dari 0,05 sehingga ada perbedaan rata-rata pretes dan postes. Skor meningkat dengan perolehan N-Gain 0,7 di kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis SETS tentang bahan berbahaya dan penanganan sampah tidak berbahaya untuk siswa sekolah menengah kejuruan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
The purpose of this study is to obtain the feasibility of teaching materials that handle hazardous and non- hazardous waste based on Science, Environment, Technology, and Society (SETS).The research design used refers to the 4-D development model (four-D Models) recommended by Thiagarajan which consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate, which is limited to the development stage. The samples in this study were 34 students of class X KI2 at SMK Negeri 5 Surabaya. The results showed that the validity of teaching materials obtained a percentage of 83,27% with a very valid category, observation and questionnaire responses of students 97.62% and 90.59% are very practical, and the test of student learning outcomes significant values in the Kolmogorov-Smirnov normality test obtained a pretest value of 0,191 and posttest 0,180 so that it is greater than 0,05 so that it is normally distributed and Paired Sample t-Test test obtained significant pretest and posttest 0,000 significant values are less than 0,05 so there are differences in the average pretest and posttest. Scores increased with the acquisition of N-Gain of 0.7 in the category high. This shows that SETS-based teaching materials on hazardous and non- hazardous waste handling materials for vocational high school students are proper to be used in the learning process.