Penelitian pengembangan ini mengembangkan media TTS (Teka Teki Silang) Bergambar berbasis TGT (Teams Games Tournament) materi sumber energi pada kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini didasarkan pada hasil wawancara dan penyebaran angket pada siswa di beberapa Sekolah Dasar yang berbeda-beda di Kota Surabaya. Hasilnya diperoleh informasi bahwa hampir semua guru mengajarkan materi sumber energi dengan menggunakan media gambar. Dari pembelajaran tersebut terdapat beberapa kendala yang dihadapi, diantaranya yaitu siswa susah menghafalkan ciri-ciri dari sumber energi karena media hanya mengandung unsur visual berupa gambar. Selain itu penggunaan media kurang menarik, terlalu monoton dan tidak dapat dijangkau oleh seluruh kelas karena jumlahnya terbatas. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan alternatif media yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan materi sumber energi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV di SDN Kedurus III/430 Surabaya yang berjumlah 6 orang dan siswa kelas IV di SDN Kebraon I/436 Surabaya yang berjumlah 25 orang.Desain uji coba menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu : (1) data validasi ahli, yang terdiri dari ahli media dan ahli materi, (2) data angket respon siswa, dan (3) data hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media TTS Bergambar berbasis TGT (Teams Games Tournament) materi sumber energi pada kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 94,28% oleh ahli media dan presentase sebesar 88% oleh ahli materi, kepraktisan media dinyatakan sangat praktis dengan presentase 100% untuk uji coba skala kecil dan 96,8% untuk uji coba skala besar, sedangkan keefektifan media dikatakan sangat baik dengan peningkatan 0,375 dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Pengembangan, Teka Teki Silang Bergambar, Sumber Energi
This development research is to develop crossword picture puzzle base of TGT (Teams Games Tournament) on energy source of fourth grade student of elementary school. This is based on the results of interviews and questionnaires for students in different elementary schools in the city of Surabaya. The results obtained information that almost all teachers teach materials on energy sources using picture media. From the learning there are several obstacles faced, including students who have difficulty memorizing the characteristics of energy sources because the media only contains visual elements in the form of images. In addition, the use of media is less attractive, too monotonous and cannot be reached by all classes because the number is limited. Therefore researchers want to develop alternative media that can be used by teachers in teaching energy source material. In addition, this study also aims to determine the feasibility, practicality and effectiveness of the media being developed.
This type of research is included in research and development. The development model used in this research is the Borg and Gall development model. The test subjects were fourth grade of elementary school, 6 students in SDN Kedurus III / 430 Surabaya, and 25 students in SDN Kebraon I / 436 Surabaya. The trial design used One Group Pre-test and Post-test Design. Data needed in this study are: (1) expert validation data, which consists of media experts and material experts, (2) student questionnaire response data, and (3) student learning outcomes data.
The results showed the feasibility of TGT-based TTS media (Teams Games Tournament) material of energy sources in grade IV Elementary School was declared very valid with a percentage of 94.28% by media experts and a percentage of 88% by material experts, the practicality of the media was stated as very practical with percentage of 100% for small-scale trials and 96.8% for large-scale trials, while the effectiveness of the media is said to be very good with an increase of 0.375 with the medium category.
Keywords : Development, Crossword Picture Puzzle, Energy Sources.