Pengaruh uang saku dan pendidikan keuangan keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi melalui literasi keuangan sebagai intervening
The effect of pocket money and family financial education on personal financial management through financial literacy as an intervening
Pengelolaan keuangan pribadi diperlukan bagi setiap individu termasuk mahasiswa. Perencanaan
anggaran dan pencatatan pengeluaran keuangan yang secara teratur dilakukan agar mencapai
pengelolaan keuangan yang baik dan sehat. Perilaku pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa diduga
disebabkan oleh faktor uang saku dan pendidikan keuangan keluarga melalui literasi keuangan sebagai
variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat menguji dan menelaah
pengaruh langsung dan tidak langsung uang saku dan pendidikan keuangan keluarga terhadap
pengelolaan keuangan pribadi melalui literasi keuangan sebagaiintervening pada mahasiswa Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian kuantitatif merupakan jenis dari
penelitian ini, dengan menggunakan statistik dalam mengolah data. Sampel yang digunakan sebanyak
158 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, dengan teknik
purposive sampling dalam pengambilan sampel. Kuesioner dan tes digunakan sebagai instrumen dalam
pengumpulan data. Pengolahan data yang diperoleh dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan
analisis jalur. Penelitian ini memperoleh hasil dengan menyimpulkan uang saku dan pendidikan
keuangan keluarga memiliki pengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap pengelolaan
keuangan pribadi melalui literasi keuangan sebagai variabel intervening.
Personal financial management are needed for each people including students. Budget planning
and a financial record regularly are conducted to achieve good and healthy financial management.
Personal financial management behavior allegedly influenced by the pocket money and family financial
education through financial literacy as an intervening variable. This research implemented with purpose
to test and analyze the influence of pocket money and family financial education on personal financial
management through financial literacy as a intervening variable on the Accounting Education students
at the Faculty Economy, State University of Surabaya. Quantitative research is a type of this research
with statistics in processing data. The sample use 158 studentsfrom the Accounting Education students
at the Faculty Economy, State University of Surabaya, with purposive sampling technique in a sample.
The questionnaires and tests used as an instrument in data collection. Data processing obtained analysis
technique using simple linear analysis and path analysis. The results of the research that pocket money
and family financial education have a effect directly and indirectly on personal financial management
through financial literacy as an intervening variable.