PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER
THE INFLUENCE OF A HEDONISM LIFESTLE AND CONSUMPTIVE BEHAVIOR ON PURCHASING DECISION OF SHOPEE PAYLATER USERS
Di era digital ini, perkembangan teknologi mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang. Bidang keuangan yang biasa disebut fintech merupakan salah satu dari berbagai bidang yang terus tumbuh dan berkembang akibat adanya perkembangan teknologi . Salah satu inovasi fintech yang saat ini sedang populer dan menjadi pilihan masyarakat yaitu shopee paylater. Adanya shopee paylater menyebabkan meningkatnya gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtif yang bisa memengaruhi pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian pengguna shopee paylater. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui google form untuk memperoleh data primer yang dibutuhkan. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan dihitung dengan IBM SPSS 27. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh positif secara signifikan dari gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian serta perilaku konsumtif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtif memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Gaya Hidup Hedonisme, Perilaku Konsumtif, Keputusan Pembelian
In this digital era, technological development has increased significantly in various fields. The financial sector, commonly called fintech, is one of the various fields that continue to grow and develop due to technological developments. One of the fintech innovations that is currently popular and is the choice of the community is Shopee Paylater. The existence of Shopee Paylater has led to an increase in hedonism lifestyle and consumptive behavior, which can influence purchasing decision for a product. This research aims to determine the effect of hedonism lifestyle and consumptive behavior on the purchasing decision of Shopee Paylater users. The type of research used is quantitative, with primary data obtained from the results of a questionnaire via a Google Form link. The results showed that the hedonism lifestyle had a significant positive effect on purchasing decision, and consumptive behavior had a positive and significant effect on purchasing decision. Simultaneously, lifestyle hedonism and consumptive behavior have a significant positive effect on purchasing decision.
Keywords: Hedonism Lifestyle, Consumptive Behavior, Purchasing Decision