PENGGUNAAN PENILAIAN ELEKTRONIK PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN SKILL MENULIS SISWA KELAS X
THE USE OF E-PORTFOLIO TO IMPROVE TENTH GRADERS WRITING ABILITY
Menulis telah diketahui sebagai salah satu skill yang menghasilkan produk dalambelajar berbahasa Inggris. Menurut Brown (2007), menulis tidak hanya mengenai bagaimanasiswa meletakkan kata-kata pada kertas, tetapi juga menggabungkan ide-ide untuk mengajak,memberikan informasi, dan mengenalkan kepada para pembaca. Oleh karena itu, guru-guruperlu menyediakan metode yang tepat untuk melibatkan dan membingbing siswa dalamproses menulis. Maka dari itu, kombinasi dari teknologi dan penilaian untukmengembangkan kemampuan siswa dalam menulis sangat diperlukan. Hanya saja, dalampenelitian ini hanya berfokus kepada penggunaan elektronik portofolio dalam penilaian gunauntuk mengembangkan skill menulis siswa. Penelitian ini menggunakan teknik quasieksperimental sebagai metode pengambilan data yang mempunyai 68 peserta. Peserta dibagimenjadi dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Instrumen yang digunakanadalah pre-test dan post-test guna untuk mengetahui pengembangan yang signifikan didalamkemampuan menulis siswa setelah menggunakan elektronik portofolio sebagai penilaian.Lalu, data yang didapat dianalisis menggunakan Wilcoxon signed-rank test dan MannWhitney U didalam aplikasi SPSS edisi ke 24 karena data tidak terdistribusi normal.Berpindah ke hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kedua grup mempunyai peningkatandalam nilai post-test. Namun, grup eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibandinggrup control. Selain itu, perbandingan antara dua grup juga menunjukkan perbedaan yangsignifikan. Dalam kata lain, penggunaan portfolio yang menggabungkan teknologi danpenilaian dapat membantu siswa untuk mengembangkan skill menulis siswa.
Writing has been known as one of the product skill in learning English. According toBrown (2007), writing is not only about how the students put the words in a paper, but alsocomposing the idea in order to persuade, inform, and entertain the readers. Therefore, theteachers need to provide the proper method to involve and guide the students in the processof writing. Hence, the combining of the technology to the assessment through the process isneeded. Therefore, this study focused on the use of e-portfolio assessment in improvingstudents writing ability. This study used quasi-experimental research which has 68 studentsof tenth graders as the participants. The participants were decided into two groups;experimental group and control group. The instruments of the study were pre-test and post-test in order to know the significant improvement in students’ writing ability after using e-portfolio as the assessment. Then, the study was analyzed using a Wilcoxon signed-rank testand Mann Whitney U in SPSS 24th edition since the data was skewed. Turning to the resultof this study, it presented that both groups had improved scores on the post-test after thetreatment. However, the experimental group had statistically higher scores than the controlgroup. Another that, the comparison of the students’ post-test showed that there werestatistically significant differences between the two groups. In other words, the use of e-portfolio, which combines technology as a tool in the process of teaching-learning, can helpthe students in improving their writing skill.