Peran Pengurus Asrama Dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar Di Yayasan Ponpes Safinatul Huda Surabaya
The Role of Dormitory Management in Managing the Learning Environment at the Safinatul Huda Islamic Boarding School Foundation, Surabaya
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan peranan pengurus asrama di Pondok Pesantren Safinatul Huda Surabaya dalam pengelolaan lingkungan belajar asrama. Pondok pesantren adalah bentuk lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan melalui satuan pendidikan nonformal, yang mendukung pendidikan sepanjang hayat pada layanan pendidikan keagamaan islam. Asrama adalah rumah inap bagi santri yang sedang mondok sebagai sarana santri untuk belajar, beraktivitas, dan istirahat. Asrama merupakan lingkungan belajar nyata bagi santri, sehingga dibutuhkan tata kelola. Tata kelola lingkungan asrama dilakukan oleh pengurus asrama sebagai pengelola lingkungan belajar lingkup asrama.
Penelitian ini mengambil seluruh anggota asrama putra dan putri yang berjumlah 7 (tujuh) orang sebagai sumber data utama yang dianggap mampu menjelaskan keadaan, maupun suasana sosial di lokasi penelitian, yaitu asrama. Didukung dengan dokumentasi dan hasil observasi. Adapun dokumen dan observasi tersebut adalah data pembanding guna validasi data utama.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran pengurus pada tata kelola pemanfaatan ruang dianggap kurang efektif dalam pemanfaatan fungsi kamar. Peran pengurus pada pemeliharaan sarana cukup baik dibuktikan terjaganya kesehatan fungsi perangkat pembelajaran dan sarana olahraga yang dimiliki. Faktor pendukung pemeliharaan lingkungan tetap kondusif adalah keterlibatan santri dalam kegiatan pemeliharaan ruang dan perlengkapan. Peran pengurus asrama pada pengendalian lingkungan kurang efektif dan kurang komunikatif dalam penanganan santri yang melanggar ketertiban lingkungan asrama. Ketersediaan instrumen pengelolaan yang kurang lengkap pada pengelolaan lingkungan belajar menjadi penghambat utama dalam pengendalian lingkungan sosial.
Kata Kunci: Pengurus Asrama, Pengelolaan Lingkungan Belajar.
This research is a descriptive qualitative study that purpose to describe the role of the hostel manager in the Safinatul Huda Surabaya Pondok Pesantren in the management of hostel learning environment. A boarding house is a form of institution that organizes educational programmes through non-formal education units, which supports lifelong education on Islamic religious education services. The dormitory is a lodging place for the mourners as a means of study, activity, and rest. The dormitory is a real learning environment for the centurion, so it requires governance. The management of a hostel environment is carried out by the hostel manager as the manager of the study environment.
The study took all members of the hostel of 7 (seven) people as the primary source of data that is thought to be able to explain the circumstances, as well as the social atmosphere at the site of the study, that is, a hostel. Supported by documentation and observation results, such documents and observations are comparative data for the validation of primary data.
The results of the research show that the role of the manager in the management of space utilization is considered less effective in the utilization of the function of the room. A contributing factor to sustainable environmental maintenance is central involvement in space and equipment maintenance activities. The role of the hostel manager in environmental control is less efficient and less communicative in the handling of hostels that violate hostel environmental order. The availability of incomplete management instruments on learning environmental management becomes a major obstacle in social environmental control.
Keywords: Hostel Manager, Study Environment Management