Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban
School Strategies in Implementing Cultural and Citizenship Literacy at SMA Negeri 2 Tuban
Fenomena tergesernya kearifan lokal dan kebudayaan bangsa menguatkan pentingnya pelaksanaan literasi budaya dan kewargaan. Gerakan literasi di SMA Negeri 2 Tuban telah dilaksanakan pada tahun 2019, Dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban memunculkan tantangan baru bagi sekolah. Oleh karena itu cara dan langkah yang tepat untuk melaksanakan literasi budaya dan kewargaan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh sekolah dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PPKn, Guru Seni Budaya, Guru Prakarya dan empat orang siswa dari kelas X dan XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban diantaranya dengan melalui (1) pengintegrasian literasi budaya dan kewargaan melalui kegiatan pembelajaran, (2) kampanye program menulis buku dengan muatan lokal bagi guru dan siswa, (3) meningkatkan minat siswa terhadap budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan karawitan, dan (4) kegiatan pembiasaan berbasis budaya sekolah untuk mengembangkan sikap toleransi, disiplin, dan cinta tanah air sebagai tujuan dari literasi budaya dan kewargaan.
Kata Kunci : Strategi, Sekolah, Literasi Budaya dan Kewargaan
The phenomenon of shifting local wisdom and national culture reinforces the importance of implementing cultural literacy and citizenship. The literacy movement at SMA Negeri 2 Tuban has been carried out in 2019, In carrying out cultural and civic literacy at SMA Negeri 2 Tuban raises new challenges for schools. Therefore, it is the right way and step to carry out cultural literacy and citizenship for students. This study aims to describe the strategies used by schools in implementing cultural literacy and citizenship for students. The research method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. Informants in this study were the vice principal for student affairs, PPKn teachers, cultural arts teachers, crafts teachers and four students from class X and XI. The results showed that the strategies in implementing cultural and civic literacy at SMA Negeri 2 Tuban were through (1) integrating cultural and civic literacy through learning activities, (2) campaigns for writing books with local content for teachers and students, (3) increasing students' interest in culture through dance and musical extracurricular activities, and (4) school culture-based habituation activities to develop tolerance, discipline, and love for the homeland as the goal of cultural literacy and citizenship.
Keywords: Strategy, School, Cultural Literacy and Citizenship