Pola Pengasuhan dalam Membentuk Karakter Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Ngawi
Parenting Patterns in Female Students' (Santriwati's) Character Building (Study at PMD Gontor Putri Campus 1, Mantingan, Ngawi)
El-Yunusi, Melikai Jihan. 2022. Pola Pengasuhan dalam Membentuk Karaktek Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Ngawi. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd dan (II) Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi,. Psikolog Kata-kata kunci : Pola pengasuhan, Karakter santriwati, PesantrenPesantren merupakan lembaga pendidikan yang berperan besar dalam membentuk karakter santri, tidak diragukan lagi sudah banyak keluaran pesantren mempunyai karakter yang kuat hasil dari didikan pesantren. Pesantren menerapkan sistem pengasuhan yang mencetak generasi yang berkarakter Islami. Pendidikan totalitas berkehidupan 24 jam tidak terlepas dari strategi pola pengasuhan santriwati dalam membentuk karakter santriwati. Pola asuh yang diterapkan sangat mempengaruhi terbentuknya karakter santriwati yang dapat berguna bagi bangsa, negara dan ummat.
El-Yunusi, Melikai Jihan. 2022. Pola Pengasuhan dalam Membentuk Karaktek Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Ngawi. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd dan (II) Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi,. Psikolog
Kata-kata kunci : Pola pengasuhan, Karakter santriwati, Pesantren
Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berperan besar dalam membentuk karakter santri, tidak diragukan lagi sudah banyak keluaran pesantren mempunyai karakter yang kuat hasil dari didikan pesantren. Pesantren menerapkan sistem pengasuhan yang mencetak generasi yang berkarakter Islami. Pendidikan totalitas berkehidupan 24 jam tidak terlepas dari strategi pola pengasuhan santriwati dalam membentuk karakter santriwati. Pola asuh yang diterapkan sangat mempengaruhi terbentuknya karakter santriwati yang dapat berguna bagi bangsa, negara dan ummat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola pengasuhan dalam membentuk karakter santriwati, yang meliputi: 1) Bagaimana aspek pola pengasuhan dalam membentuk karakter santriwati PMD Gontor Putri Kampus 1?, 2) Bagaimana tipologi pengasuhan dalam membentuk karakter santriwati PMD Gontor Putri Kampus 1?, dan 3) Bagaimana strategi pembentukan karakter santriwati PMD Gontor Putri Kampus 1 ?. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi , dokumentasi dan teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Ada 4 aspek pola pengasuhan dalam membentuk karakter santriwati yaitu: a. Penegakan kedisiplinan; b. Pemberian hadiah dan hukuman; c. Komunikasi pengasuh pesantren dan santriwati ; dan d. Pengawasan (kontrol); 2. Tipologi pola pengasuhan dalam membentuk karakter santri yang diterapkan yaitu; a. pola demokratis, pola ini digunakan terutama pada aspek pengajaran baik intra maupun ekstra kurikuler; b. pola authoritarian (otokrasi), pola ini digunakan pada aspek pengganjaran (penghargaan dan sanksi); c. pola permissif, pola ini digunakan pada aspek pembujukan. Agar pola pengasuhan ini berhasil diperlukan pendekatan, yang meliputi: 1) metode uswatun hasanah (keteladanan), 2) metode latihan dan pembiasaan, 3) metode kedisplinan, dan 4) metode ibrah dan mauizah. 3. Strategi pembentukan karakter santriwati, Pertama, melalui nilai-nilai pendidikan pesantren (Pancajiwa), yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah dan kebebasan. Kedua, melalui proses pembelajaran baik intra, ko, dan ekstrakurikuler. Intra kurikuler menggunakan sistem KMI dengan mengintegrasikan ketiga bidang kurikulum; intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler sehingga terciptanya sistem pendidikan yang integratif, komprehensif dan mandiri, dan mengintegrasikan tri pusat pendidikan (pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam satu program untuk mencapai tujuan pendidikan dalam pembentukan karakter santriwati. Penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat diperluas kajian tentang pola pengasuhan dalam membentuk karakter santriwati paripurna
El-Yunusi, Melikai Jihan. 2022. Parenting Patterns in Female Students' (Santriwati's) Character Building (Study at PMD Gontor Putri Campus 1, Mantingan, Ngawi). Theses. Department of Educational Management, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Academic Advisor: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd dan (II) Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi,. Psikolog
Keywords: Parenting pattern, character of female students, Islamic boarding school
Pesantren (Islamic boarding school) is an educational institution that plays a major role in shaping the character of santri (students). There have been many pesantren outputs that have a strong character as a result of education in it. Pesantren implement a parenting system that creates a generation with Islamic character. A 24-hour education with cannot be separated from the strategy of parenting for female students in shaping their character. The parenting style applied greatly influences the formation of the character of female students who can be useful for the nation, state and ummah (community).
This study aims to describe the pattern of parenting in shaping the character of female students with the following research problems: 1) How is the pattern of parenting in shaping the character of the female students of PMD Gontor Putri Campus 1? 2) What is the typology of parenting patterns in shaping the character of female students? and 3) What is the pattern of parenting in shaping the character of female students? This is descriptive qualitative research with data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The findings are 1. There are 4 aspects of parenting patterns in shaping the character of female students, they are: a. Discipline enforcement; b. Rewards and punishments; c. Communication between pesantren caregivers and female students; and d. Supervision (control); 2. Three typologies of parenting patterns are applied: a. democratic pattern; used mainly in the aspects of teaching both intra and extracurricular; b. authoritarian pattern (autocracy) used in the aspect of rewards (rewards and sanctions); c. permissive pattern; used in the aspect of persuasion. In order to make this parenting pattern successful, some approaches are needed, including: 1) uswatun hasanah (exemplary) method, 2) training and habituation method, 3) discipline method, and 4) ibrah and mauizah methods. 3. The strategy of forming the character of female students, first, through the educational values of the pesantren (Pancajiwa), including sincerity, simplicity, independence, ukhuwah Islamiyah and freedom; second, through intra, co, and extracurricular activities. The intracurricular uses the KMI system by integrating the three curriculum areas: intra-curricular, co-curricular and extra-curricular so as to create an integrated, comprehensive and independent education system, and integrate the three educational centers (family, school and community education) in one program to achieve educational goals in shaping the character of female students. Further research is expected to be able to expand the study of parenting patterns in shaping the character of female students.