Pengembangan Instrumen Four-Tier Test untuk Mendeteksi Miskosnsepsi Siswa
pada Materi Pembelahan Sel
The Development of Four-Tier Test Instrument to Detect Student Misconception on Cell Division Material
Miskonsepsi merupakan pengetahuan siswa terhadap suatu konsep yang diperoleh tidak sesuai dengan
konsep yang telah disepakati oleh para ilmuan. Miskonsepsi harus segera diatasi agar tidak menghambat
siswa dalam memahami konsep yang benar. Pembelahan sel merupakan materi yang sulit dan jauh dari
kehidupan sehari-hari karena mempelajari unit terkecil. Banyak cara untuk mengidentifikasi
miskonsepsi siswa, salah satunya dengan instrumen miskonsepsi berbentuk four-tier test. Instrumen
Four-Tier Test merupakan pengembangan dari instrumen sebelumnya, namun ada penambahan tingkat
keyakinan pada alasan jawaban yang akan menambah keakuratan profil pemahaman siswa terhadap
suatu konsep. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini ialah instruen four-tier test untuk mendeteksi
miskonsepsi siswa pada materi pembelahan sel. Adapun tujuan penelitian antara lain, untuk
mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen, profil miskonsepsi, dan mengetahui penyebab
miskonsepsi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu model ADDIE (Analysis,
Design, Develop, Implement, Evaluate). Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Driyorejo pada 70 siswa
kelas XII yang telah menerima materi pembelahan sel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validitas
sebesar 94, 67 dan koefisien reliabiliatas 0, 72 sehingga dinyatakan sangat valid dan reliabel. Rata-rata
miskonsepsi yang dialami siswa lebih besar dari siswa yang paham konsep dan tidak paham konsep,
yaitu sebesar 68, 74%. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep spermatogenesis sebesar 78, 57%,
sedangkan miskonsepsi terendah sebesar 52, 86% pada konsep proses pembelahan mitosis. Faktorfaktor
penyebab miskonsepsi siswa diantaranya ialah, dari diri siswa, guru, cara mengajar, konteks, dan
buku teks.
Kata Kunci: miskonsepsi, four tier test, ADDIE, pembelahan sel
A Misconception is the knowledge of students to a concept obtained not by accordance with the concept
that has been agreed upon by scientists. Misconceptions must be promptly addressed in order not to
impede students in understanding the correct concepts. Cell division is a difficult material and is jau
from everyday life because it learns the smallest unit. There are many ways to identify student
misconceptions, one of them with a four-tier test-shaped misconception instrumen. Four-Tier Test
instrumens are the development of previous instrumens, but there is an increase in confidence in the
reason for answers that will add the accuracy of the student's understanding profile to a concept. The
products produced in this research are four-tier test instrumenation to detect student misconceptions on
the cell division material. The research objectives include, to describe the validity and reliability of the
instrumen, the misconception profile, and to attribute the cause of misconceptions. This type of research
is a development that refers to the model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement,
Evaluate). Trials were conducted at SMA Negeri 1 Driyorejo in 70 class XII students who had received
cell division material. The results showed an average validity of 94.67 and the top reliability coefficient
of 0.72 so that it was declared very valid and reliable. The average misconceptions experienced by
students is greater than students who understand the concept and don't understand the concept, that is
equal to 68, 74%. Misconceptions the highest occurred in the concept of spermatogenesis by 78, 57%,
while misconceptions low of 52, 86% on the concept of the process of mitotic division. The factors that
cause student misconceptions, such as, of students, teachers, way of teaching, context, and textbooks.
Keywords: misconception, four-tier test, ADDIE, cell division.