Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran untuk membantu
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research & Development dengan model
penelitian yang digunakan, model pengembangan ADDIE oleh Branch, 2009.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Sidoarjo pada kelas X. Tahap penelitian
ADDIE meliputi 1) Analiyze , 2) Design , 2) Developmet ,
4) Implementation , dan 5) Evaluate . Teknik pengumpulan data
menggunakan angket yang dianalisis secara desktiptif, serta test berupa pre-test
dan post-test kelas
eksperimen dan kelas control.
Untuk
hasil penelitian ini, persentase kelayakan sebesar 100% dari ahli materi, 97%
dari ahli media, 96% dari ahli desain pembelajaran, 84.1% dari uji coba
perorangan, 76% dari uji coba kelompok kecil, dan 86% dari uji coba kelompok
besar. Berdasarkan uji coba tersebut, dapat disimpulkan jika video yang
dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil
Analisa data pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol
yang berjumlah 27 peserta didik, pada uji normalitas memperoleh nilai
signifikansi sebesar 0.200, di mana 0.200 > 0.05, dapat dikatakan data terdistribusi
normal. Pada uji homogenitas yaitu 0.180, di mana 0.180 > 0.05, dapat dikatakan data homogen. Untuk uji
linieritas, perolehan nilai signifikansi sebesar 0.610, di mana 0.610 > 0.05, dapat dikatakan ada hubungan linier
antara post-test kelas eksperimen dan control. Lalu untuk uji t test, di
dapati nilai signifikansi sebesar 0.000, di mana nilai 0.000 < 0.05.
dengan perolehan uji t test ini, maka dapat disimpulkan jika terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil post-test
kelas eksperimen dan kelas control.
Kata kunci : media pembelajaran, video
pembeajaran, Matematika trigononemtri, hasil belajar.