Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Siswa Kelas Vii Di Sekolah X
The Relationship Between Self-Esteem And Assertive Behavior In Grade Vii Students At School X
Remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Anak muda yang masih belajar di sekolah menengah secara kognitif mulai berkembang dengan kemampuan berpikirnya yang abstrak dan memiliki emosi yang tidak stabil karena upaya mencari identitas diri. Pada masa pencarian identitas diri seperti ini remaja akan dihadapkan pada sebuah pilihan untuk mengikuti teman-temannya meskipun tidak diinginkan atau dijauhu oleh teman sebayanya. Oleh karena itu pentingnya berkomunikasi secara tegas atas keinginannya dan menggungkapkan perasaannya dalam berperilaku asertif. Siswa yang mampu berperilaku asertif cenderung mempunyai harga diri yang positif pada dirinya serta bisa meningkatkan keteguhan kalau dirinya itu sungguh bernilai. Salah satu sebab yang pengaruhi sikap asertif merupakan harga diri. Tujuan dari riset ini yakni guna mencari kaitan antara harga diri dengan sikap asertif pada siswa kels VII de sekolah x. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan sample berjumlah 143 siswa dari kelas VII. Teknik analis data menggunakan product momen. Hasil peneliitan ini ada ikatan positif antara harga diri dengan sikap asertif pada anak didik kelas VII di sekolah x dengn angka signifikansi sebesar 0.000 serta angka koefisien sebesar 0.737.
Kata Kunci: Harga Diri, Perilaku Asertif, Remaja
Adolence is a period of transition from childhood to adulthood. Adolescents who are still studying in high school cognitively begin to develop with the ability to think abstractly and have unstable emotions due to efforts to find self-identity. During this period of searching for self-identity, adolescents will be faced with a choice to follow their friends even though they are not wanted or shunned by their peers. Therefore the importance of expressly communicating his desires and expressing his feelings in assertive behavior. Students who are able to behave assertively will have positive self-esteem in themselves and can foster the belief that they are very valuable. One of the factors that influence assertive behavior is self-esteem. The purpose of this study was to find a relationship between self-esteem and assertive behavior in students of class VII de school x. This study used a quantitative method with a sample of 143 students. Data analysis techniques use product moments. The results of this study are that there is a positive relationship between self-esteem and assertive behavior in class VII students at school x with a significance value of 0.000 and a coefficient value of 0.737
Key word : Self-Esteem, Assertive Behavior, Adolescent