Penerapan Intervensi Memori Kerja Anak Disleksia dengan Koping Skala Prioritas
Implementation of Working Memory Intervention in Dyslexic Children with Priority Scale Coping
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan memori kerja anak disleksia. mendeskripsikan penerapan strategi koping skala prioritas anak disleksia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian dengan penentuan fokus pada permasalahan, karakteristik dan solusi koping strategi pada individu disleksia, pengumpulan data yang didapatkan dari individu disleksia, menggunakan pengolah data dengan teknik interactive model Miles dan Huberman yang mendeskripsikan dan membahas hasil penelitian, pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu, dan memberikan hasil laporan.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa individu disleksia mengalami permasalahan pada memori kerja dengan berbagai karateristik yaitu; kemampuan mengorganisasi, kemampuan manajemen waktu, menerima dan mengelola informasi, memori kerja pada bahasa, menulis dan membaca serta memori kerja pada matematika, sehingga memerlukan strategi koping untuk mengatasinya seperti membuat planning kegiatan, list tugas, alarm pengingat, serta meminta tolong orang lain mengingatkan.
The purpose of this research is to describe the working memory problems of dyslexic children. a description of the implementation of priority scale coping strategies for dyslexic children. The method used in this research is descriptive qualitative method. The stages of this research began with focus therapy of this research, namely the problems, characteristics and solutions to working memory problems experienced by dyslexic individuals, collecting data obtained from dyslexic individuals, processing data using the interactive model technique of Miles and Huberman, describing and discussing research results, checking the validity data by triangulating sources, techniques and time, and providing report results. The findings of this study indicate that dyslexic individuals experience problems with working memory with various characteristics, namely; organizational skills, time management skills, receiving and managing information, remembering work in language, writing and reading and remembering work in mathematics, so that requires coping strategies to overcome them such as planning activities, task lists, alarm reminders, and asking others to remind.