Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu menggunakan media pembelajaran karena ruang lingkupnya sangat luas. Karakteristik pelajaran geografi adalah kajian tentang fenomena geosfer, dan kaitannya dengan manusia di permukaan bumi. Pemilihan media yang tepat untuk mengkaji tentang fenomena geosfer adalah diorama. Diorama sebagai media pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan suasana belajar mengajar lebih menarik dan membantu suasana belajar yang menyenangkan serta lebih aktif. Di dalam diorama, terdapat proses pengambilan data dalam penginderaan jauh, komponen penginderaan jauh, interaksi antara tenaga dan objek, sensor dan wahana, penggunaan data, semua yang berkaitan dengan penginderaan jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media diorama geografi dan respon siswa dalam media pembelajaran pada materi penginderaan jauh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan bahan ajar Media Diorama. Model penelitiannya adalah pengembangan R&D (research and development) dengan model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan daya menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan respon pengguna media. Analisis data menggunakan skoring, kemudian dipersentasekan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media diorama pengindraan jauh yang telah dikembangkan mendapat penilaian kelayakan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata nilai 85% dan dari ahli materi 81,7%, maka skor rata-rata yang diperoleh dari kedua validator sebesar 83,35%. Berdasarkan skala Likert nilai 83,35% termasuk dalam rentang X 81%, sehingga dikategorikan “sangat layak”. 2) Respon siswa terhadap media diorama penginderaan jauh memperoleh nilai 92,5%, hasil tersebut adalah rekapitulasi dari penghitungan sekala guttman yang berasal dari 20 respon siswa yang telah di rekapitulasi menggunakan sekala likert sehingga mendapat nilai rata - rata 92,5% bedasarkan sekala likert nilai 92,5 dari rata rata tersebut berada dalam rentang 81% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik
Geography is one of the subjects that need to use learning media because the scope is very broad. Characteristics of geography lessons are the study of geosphere phenomena, and their relation to humans on the surface of the earth. The selection of the right media to study about the geosphere phenomenon is dioramas. Diorama as learning media is expected to create a more interesting atmosphere of teaching and learning and help a pleasant and more active learning atmosphere. In the diorama, there is the process of taking data in remote sensing, remote sensing components, interactions between power and objects, sensors and vehicles, data usage, all related to remote sensing. The purpose of this study was to determine the feasibility of developing geographic diorama media and student responses in learning media on remote sensing material.
This type of research is development research, which is developing Media Diorama teaching materials. The research model is the development of R&D (research and development) with the ADDIE model. The research design used in this study is the One-Shot Case Study. Power collection techniques use the validation sheet of media experts, material experts and media user responses. Data analysis using scoring, then presentations.
The results showed that 1) the remote sensing diorama media that had been developed received a feasibility assessment by learning media experts with an average value of 85% and 81.7% from material experts, the average score obtained from both validators was 83.35 %. Based on the Likert scale the value of 83.35% is included in the X range ≥81%, so it is categorized as "very feasible". 2) Student responses to remote sensing diorama media scored 92.5%, the result was a recapitulation of the Guttman scale calculation derived from 20 responses of students who had been recapitulated using Likert scale so as to get an average value of 92.5% based on Likert scale the value of 92.5 of the average is in the range of 81% - 100% which is included in the excellent category