PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PADA ORGANICA FOOD MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
PROMOTIONAL MEDIA DESIGN FOR ORGANICA FOOD THROUGH INSTAGRAM SOCIAL MEDIA
Organica Food adalah usaha kuliner yang menyediakan makanan sehat praktis dari sayur-sayuran. Organica Food memiliki kesulitan menjangkau target konsumen melalui kegiatan promosi yang pernah dilakukan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah membantu Organica Food menjangkau target konsumen dengan memanfaatkan Instagram sebagai media promosi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi langsung terhadap konsumen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode SWOT dan USP guna mencari tahu keunggulan dan peluang yang dapat ditonjolkan untuk membantu menyusun konsep strategi media dan merancang konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan untuk promosi.
Dengan berbagai fitur yang tersedia di Instagram seperti Feed, Story, Highlight, dan Reels Organica Food dapat menjalin komunikasi interaktif dengan konsumen dan dapat dengan mudah melancarkan kegiatan promosi melalui berbagai unggahan yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan telah menghasilkan solusi dari permasalahan yang timbul serta menghasilkan beberapa manfaat. Manfaat utama yang didapat adalah penguatan citra merek dan komunikasi kepada konsumen yang mendukung proses kegiatan promosi dan pemasaran. Selain itu juga dapat membantu membangun kesadaran merek dan meningkatkan penjualan produk.
Organica Food is a culinary business that provides practical healthy food from vegetables. Organica Food has difficulty reaching target consumers through promotional activities that have been carried out previously. This research aims to help Organica Food reach target consumers by utilizing Instagram as a promotional tool.
This research uses qualitative methods by conducting interviews and direct observations of consumers. The collected data is analyzed using the SWOT and USP methods to find out the advantages and opportunities that can be highlighted to help develop media strategy concepts and create designs that suit promotional needs.
With the various features available on Instagram such as Feed, Story, Highlights, and Reels, Organica Food can establish interactive communication with consumers and can easily launch promotional activities through various uploads aimed at increasing sales.
From this research, it can be concluded that it has produced solutions to problems that arise and has produced several benefits. The main benefit obtained is strengthening the brand image and communication to consumers which supports the process of promotional and marketing activities. Apart from that, it can also help build brand awareness and increase product sales.