JOKO ANWAR’S FILMS IS THE STUDY of NARRATOLOGY by SEYMOUR CHATMAN
FILM-FILM KARYA JOKO ANWAR: KAJIAN NARATOLOGI
SEYMOUR CHATMAN
Nama Mahasiswa : Dinda Fatmalasari
NIM : 16020144028
Program Studi : S1 Sastra Indonesia
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Parmin, M.Hum.
Perkembangan dalam dunia sastra menjadikan film sebagai salah satu bentuk sarana penyampaian narasi yang bersifat audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mencari narator pada film-film karya Joko Anwar dengan mendeskripsikan kernel dan satellites, point of view, letak narator, jenis narator dan fungsi narator pada film-film karya Joko Anwar. Guna mamenuhi tujuan penelitian ini, maka digunakan teori naratologi Seymour Chatman dengan pendekatan objektif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan film berjudul Kala, Fiksi, Pintu Terlarang, dan Modus Anomali. Data penelitian berupa teks yang diambil dari hasil transkip keempat film tersebut. Pengumpulan data berupa dokumentasi dan simak-catat, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode hermeneutik. Hasil dalam penelitian ini berupa film Kala ditemukan empat puluh delapan kernel dan delapan belas satellites, serta satu satellites anticipatory dan satu satellites retrospectif, film Fiksi ditemukan enam puluh tiga kernel dan delapan belas satellites, serta dua satellites anticipatory, film Pintu Terlarang ditemukan lima puluh enam kernel dan tiga belas satellites, serta satu satellites anticipatory, film Modus Anomali ditemukan tiga puluh lima kernel dan sembilan satellites, serta satu satellites anticipatory. Point of View pada film Kala, dan Fiksi menggunakan sudut pandang campuran, film Pintu Terlarang dan Modus Anomali menggunakan sudut pandang pesona ketiga terbatas. Letak narator di luar cerita adalah pengarang ditemukan pada film Kala, Fiksi, Pintu Terlarang, dan Modus Anomali. Narator di dalam cerita tokoh tambahan ditemukan pada film Kala, dan Fiksi. Keempat film menggunakan jenis narator overt narrator atau narator terbuka. Fungsi narator pada keempat film sebagai mediator dan deskripsi.
Kata Kunci: Naratologi, Film, Seymour Chatman
Name : Dinda Fatmalasari
Study Program : S1 Indonesian Literature
Dapartement : Indonesian Language and Literature
Faculty : Language and Art
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Drs. Parmin, M.Hum.
Developments in the world of literature have made film a form of audio-visual narrative delivery. This study aimed to find out the narrator in the films by described the kernel and satellites, point of view, the location of the narrator, the type of narrator and the function of the narrator in Joko Anwar's films. This study has used qualitative researched, an objective approached with Seymour Chatman's theory. The data source used a film entitled Kala, Fiksi, Pintu Terlarang, and Modus Anomali. The results of the Kala film research has found forty-nine kernels and eighteen satellites, as well as one satellites anticipatory and one satellites retrospective, the Fiksi film has found sixty-three satellites and eighteen satellites, and two satellites anticipatory, the Pintu Terlarang film has found fifty-six kernel and thirteen satellites, as well as one satellites anticipatory, the Modus Anomali film has found thirty-five kernel and nine satellites, and one satellites anticipatory. Point of View in the Kala, film and Fiksi have used mixed point of view, the Pintu Terlarang and Modus Anomali film have used the limited third charm point of view. The location of the narrator outside of the story is that the author is found in the films Kala, Fiksi, Pintu Terlarang, and Modus Anomali. The narrator in the additional character story is found in the films Kala, and Fiksi. The four films use narrator overt narrator or open narrator. The function of the narrator in the four films is as a mediator and description.
Keywords: Narratology, Film, Seymour Chatman.