Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kesamben Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 32 siswa dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori belajar dari Vygotsky yaitu Konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen diperoleh nilai post-test sebesar 84,18% dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,12%. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t pada post-test diperoleh thitung = 5,830, ttabel (0,05) = 0,000. Dengan demikian, apabila thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode konvensional (ceramah).
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, pembelajaran PPKn.
The purpose of this study is to determine and analyze the application of the Problem Based Learning (PBL) model in the Pancasila and Citizenship Education (PPKn) subject to the learning outocomes of XI IPS 1 with a total 32 students and class XI IPS 2 with a total of 32. The sampling used purposiv sampling class XI IPS 1 as the experimental class and class XI IPS 2 as the control class. The techniques and data collection instruments used by researchers are tests and documentation. The research instrument was a test to measure student learning outcomes after being treated. Before the test is used to obtain data, validation and reliability tests are first carried out. The data analysis technique used in the Paired Sample t-test was previously tested for prerequisites, namely normality and homogeneity. The supporting theory is Vygotsky's learning theory, Constructivism.. The results showed that learning using the experimental class Problem Based Learning (PBL) model obtained an average post-test score of 84.18 and an average score of 77.12 in the control class. This is indicated by the results of the t-test on the post-test obtained thitung = 5.830 ttable (0.05) = 0,000. This if thitung > ttable then Ha is accepted and H0 is rejected. So it can be concluded that there are differences in learning using the Problem Based Learning (PBL) learning model with conventional methods (lectures).
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Learning autcomes, Pancasila and Citizenship Education (PPKn)