THE EFFECTIVENESS OF REALITY GROUP COUNSELING TO IMPROVE LEARNING RESPONSIBILITY
Pendidikan yang ada di Indonesia sedang mengalami adaptasi dari pembelajaran yang dilakukan secara daring dan berubah kepada pembelajaran luring. Salah satu dampak dari pembelajaran daring adalah lunturnya karakter peserta didik yaitu lunturnya karakter tanggung jawab belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling realita dalam meningkatkan tanggung jawab belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah experiment dengan jenis pre-experimental design menggunakan one group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala tanggung jawab belajar. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kediri yang didapatkan dari perolehan data penyebaran skala tanggung jawab belajar. Analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk mengukur apakah terdapat peningkatan sebelum dan sesudah konseling kelompok realita dilaksanakan. Nilai uji wilcoxon dengan nilai sig (2-tailed) yang didapatkan 0,046 < 0,05 nilai tersebut dapat menunjukkan jika terdapat peningkatan atau perbedaan sebelum dan sesudah dilaksanakan konseling kelompok realita. Berdasarkan nilai uji wilcoxon dan perubahan perilaku peserta didik menjadi lebih bertanggung jawab terhadap semua proses belajarnya, maka dapat menunjukkan jika konseling kelompok realita efektif dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Belajar, Konseling Kelompok, Pendekatan Realita