Pengembangan Modul Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas XII (Studi Kasus Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Rengel)
Pendidikan merupakan sebuah usaha yang secara sadar dilakukan dalam kehidupan yang dapat dilakukan oleh lembaga formal maupun non-formal. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan dapat ditunjang dengan media pembelajaran salah satunya yaitu modul pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan pada materi penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa kelas XII, (2) efektivitas modul pembelajaran yang dikembangkan pada materi penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa kelas XII, (3) respon peserta didik terkait penggunaan modul pembelajaran akuntansi perusahaan jasa sebagai media pembelajaran akuntansi.
Metode pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan juga evaluasi dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Rengel yang berjumlah 36 peserta didik. Perolehan data penelitian menggunakan angket untuk respon peserta didik dan kuisioner untuk validasi media oleh validator ahli. Hasil penelitian pengembangan terhadap modul pembelajaran menunjukkan bahwa validasi ahli materi menunjukkan hasil 92,85%, validasi ahli Bahasa menunjukan hasil 75,38%, dan hasil validasi kegrafikan sebesar 76,92%. Hasil terakhir yang diperoleh dari respon peserta didik menunjukkan angka 86,90% dengan kategori sangat layak.
Penelitian ini menunjukkan hasil: (1) tingkat kelayakan modul pembelajaran telah tervalidasi dan dinyatakan layak untuk digunakan, (2) modul pembelajaran dinyatakan efektif dengan adanya kenaikan hasil belajar peserta didik, (3) modul pembelajaran akuntansi dinyatakan sangat layak dengan perolehan skkor 86,90% dari respon peserta didik.
Kata Kunci: Modul Akuntansi, ADDIE, Kelayakan Modul, Efektifitas Modul, Respon peserta Didik.
Education is a conscious effort in ife that can be carried out by formal and non-formal institutions. The implementation of teaching and learning activities in the world of education can be supported by learning media, one of which is the learning module. This development study aims to determine: (1) the feasibility of the learning module developed in the class XII service company accounting material preparation cycle, (2) the effectiveness of the learning module developed in the class XII service company accounting material preparation cycle, (3) student responses related the use of service company accounting learning modules as accounting learning media.
The deveIopment method used is ADDIE which consists of analysis, design, development, implementation, and also evaluation with the research subject being students fo class XII IPS 3 SMA Negeri 1 Rengel, totaling 36 students. Obtaining research data using a questionnaire for student responses and a questionnaire for media validation by expert validators. The results of research and development on learning modules showed that the validation of material experts showed 92.85% results, the validation of language experts showed 75.38% results, and the results of graphic validation were 76.92%. The final results obtained from student responses show a figure of 86.90% with a very decent category.
This study shows the results: (1) the feasibiIity level of the learning module has been validated and declared feasible for use, (2) the learning module is declared effective with an increase in student learning outcomes, (3) the accounting learning module is declared very feasible with a score of 86.90% of student responses.
Keyword: Accounting Module, ADDIE, Module Feasibility, Module Effective, Student Response