PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI POKOK FLUIDA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI MAN 1 LAMONGAN
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA ON FLUIDS PRINCIPAL MATERIAL IN CLASS XI PHYSICS AT MAN 1 LAMONGAN
Dalam ranah pendidikan, media pembelajaran berperan sebagai jembatan penghubung antara guru (sumber) dan siswa (penerima) untuk mempermudah transfer ilmu dan pengetahuan. Media pembelajaran mencakup berbagai macam alat, bahan, dan saluran yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Penelitian ini berfokus pada pengembangan multimedia interaktif sebagai salah satu bentuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Multimedia Interaktif yang layak digunakan pada materi Fluida dalam mata pelajaran Fisika kelas XI di MAN 1 Lamongan dan untuk menghasilkan Multimedia Interaktif yang efektif meningkatkan hasil belajar materi Fluida statis pada mata pelajaran Fisika kelas XI di MAN 1 Lamongan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan DDDE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Observasi bertujuan untuk menilai pemanfaatan multimedia yang dikembangkan. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan multimedia yang dikembangkan, sedangkan tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik.
Hasil Analisis data Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pokok Fluida Mata Pelajaran Fisika Kelas XI di MAN 1 Lamongan. Pada validasi media sebesar 95% “sangat layak”, validasi materi sebesar 97,3% “sangat layak”, validasi desain pembelajaran sebesar 98,18% “sangat layak”, dan validasi bahan penyerta sebesar 100% “sangat layak”, Pada uji coba produk yang telah dilakukan diperoleh hasil Uji coba perorangan sebesar 96,47% “sangat layak”, Uji coba kelompok kecil sebesar 95,68% “sangat layak”, Uji coba kelompok besar 95,41% “sangat layak”. Sedangkan Data hasil penelitian dengan uji t didapat nilai signifikasi (2 sisi) untuk data postest adalah <0,001 yang lebih keci; dari nilai sig 0,05. selain itu didapatkan t_hitung = 7,663 dikorelasikan dengan t_tabel dengan taraf signifikasi 5% dari Degrees of Freedom (df) 58. Berdasarkan tabel t mendapatkan t_tabel = 2,002. Karena t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan nilai 7,663 > 2,002. Berdasarkan perhitungan uji T, dapat disimpulkan bahwa (Ho) ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara data nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control. Hasil uji T menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi fluida statis.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, DDDE, Fisika, Fluida Statis
the realm of education, instructional media serves as a bridge connecting teachers (sources) and students (receivers) to facilitate the transfer of knowledge and information. Instructional media encompasses a wide range of tools, materials, and channels that can enhance the teaching and learning process. This research focuses on the development of interactive multimedia as a form of instructional media. The objectives of this development research are to produce interactive multimedia that is suitable for use in teaching the Fluid Mechanics material in the 11th grade Physics subject at MAN 1 Lamongan and to produce interactive multimedia that is effective in improving student learning outcomes for the Static Fluid Mechanics material in the 11th grade Physics subject at MAN 1 Lamongan.
This research employs a descriptive quantitative approach, while the development model utilized is the DDDE development model. Data collection is conducted using observation, questionnaires, and tests. Observation aims to assess the utilization of the developed multimedia. Questionnaires are used to evaluate the feasibility of the developed multimedia, while tests aim to measure student learning outcomes.
Results of Data Analysis of Interactive Multimedia Development on Fluid Subject Matter Class XI Physics Subjects at MAN 1 Lamongan. In media validation of 95% "very feasible", material validation of 97.3% "very feasible", validation of learning design of 98.18% "very feasible", and validation of accompanying materials of 100% "very feasible", In product trials that have been carried out, the results of individual trials of 96.47% "very feasible", small group trials of 95.68% "very feasible", large group trials of 95.41% "very feasible". While the data from the study with the t test obtained the significance value (2 sides) for the postest data is <0,001 smaller ones; of value sig 0,05. In addition, it was obtained t_hitung = 7,663 correlated with t_tabel with the degree of significance 5% dari Degrees of Freedom (df) 58. Based on the table t get the t_tabel = 2,002. Because t_hitung is greater than t_tabel by value 7,663 > 2,002. Based on the calculation of the T test, it can be concluded that (Ho) is rejected and Ha is accepted which means that there is a significant average difference between the average value data of the experimental class and the control class. The results of the T test show that interactive multimedia developed is effective for improving the learning outcomes of static fluid material.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, DDDE, Physics, Static Fluid