Kopi adalah sebuah tanaman buah yang bisa dimanfaatkan untuk dinikmati menjadi hidangan minuman. Kopi juga memiliki daya tarik sendiri bagi penikmatnya karena kopi menyuguhkan pengalaman rasa yang berbeda dari setiap daerah dimana kopi itu berasal atau ditanam. Kekayaan alam di Indonesia membuat kopi sangat mudah ditanaman dan menghasilkan kualitas panen yang bagus.
Indonesia menempati peringkat ke-4 dalam menghasilkan kopi di seluruh dunia, kualitas yang baik dan citarasa yang bagus membuat kopi Indonesia diterima di pasar Internasioanal. Dengan kemajuan pasar kopi Indonesia yang sangat pesat, maka daerah penghasil kopi di Indonesia berlomba menghasilkan kulaitas panen yang bagus dan menjadikan produk kopi tersebut layak dipasarkan. Melalui media kemasan yang baik serta diikuti promosi yang efisien. Daerah Jawa Timur memiliki beberapa wilayah penghasil kopi seperti Malang, Bondowoso, Banyuwangi, Jember dan yang sedang berkembang saat ini adalah Trawas. Trawas memiliki kelemahan dalam segi produk, kurangnya pengelaman untuk mempromosikan produk dari cara pengemasan dan promosi membuat Kopi Trawas kesulitan menarik konsumen penikmat kopi Jawa Timur. Melalui perancangan kembali kemasan produk dari kopi Trawas yang dimiliki Dimensi Kopi diharapkan akan menjadi media bagi mereka untuk bisa memasarkan produknya dengan baik kepada masyarakat, wisatawan, dan penikmat kopi di Jawa Timur.
Perancangan media kemasan menggunakan metode pengumpulan data yang didapat dari observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Konsep desain yang meliputi komposisi visual karakter, latar, layout, tipografi, pewarnaan, dan menggunakan gaya gambar yang mengarah ke realis untuk mengenali wajah karakter.
Proses visualisasi menggunakan proses digital yang menggunakan piranti lunak Corel Draw pada proses pembuatan visual desain dari kemasan lalu piranti lunak Sai Paintool untuk pembuatan illustrasi mengenai budidaya kopi dan piranti lunak Adobe Photoshop untuk penggabungan desain dari kedua piranti lunak sebelumnya.
Kata kunci: Kopi, Kuliner.
Coffee is a fruit plant that can be used to be enjoyed as a beverage dish. Coffee also has its own appeal for connoisseurs because coffee offers a taste experience that is different from every area where coffee originates or planted. Natural wealth in Indonesia makes coffee very easy to plant and produces good quality crops.
Indonesia is in the 4th place for producing coffee throughout the world, good quality and good taste makes Indonesian coffee accepted in international markets. With the rapid advancement of the Indonesian coffee market, coffee-producing regions in Indonesia compete to produce good harvest quality and make the coffee products marketable. Through good packaging media and efficient promotion. The East Java region has several coffee-producing regions such as Malang, Bondowoso, Banyuwangi, Jember and the one currently developing is Trawas. Trawas has a product weakness, lack of diving to promote products from the way of packaging and promotion of coffee Trawas has difficulty attracting consumers of East Java coffee lovers. Through the redesign of product packaging from Kopi Trawas, Dimensi Kopi is expected to be a medium for them to be able to market their products well to the public, tourists, and coffee connoisseurs in East Java.
The design of packaging media uses data collection methods obtained from observation, interviews, and documentation. The design concept includes the visual composition of characters, background, layout, typography, coloring, and using image styles that lead to realists to recognize the faces of characters.
The visualization process uses a digital process that uses Corel Draw software in the process of making visual designs from the packaging and Sai Paintool software for illustrating coffee cultivation and Adobe Photoshop software for combining the designs of the two previous software.
Keywords : Coffee, Culinary