PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI
Semakin berkembangnya zaman yang sangat pesat menuntut manusia agar mendapatkan kualitas pendidikan yang berkualitas, hal ini berkaitan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk, sampel yang digunakan sebanyak 144 siswa, dengan teknik pengambilan sampling menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data diperoleh melalui tes dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 3.103 dan ³ ttabel = 1,665 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,002 £ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Pada variabel lingkungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai thitung = -4.774 dan ³ nilai ttabel = 1,655 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 £ 0,05,. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, variabel. Dan pada hipotesis ketiga motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dari hasil nilai F hitung diperoleh sebesar 15,717, sedangkan Ftabel = 3,06, sehingga, Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 15,717 > 3,03 dan sig. 0,000 dan £ 0,05, hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai R Square menunjukkan nilai 0,771 artinya kontribusi variabel motivasi belajar (X1) dan lingkungan keluarga (X2) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 77,1% dan sisanya 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tangjunganom Nganjuk. Masih terdapat beberapa siswa dengan nilai di atas KKM yang menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar. Sedangkan variabel lingkungan keluarga terdapat pengaruh negatif signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tangjunganom Nganjuk. Hal ini dikarenakan suasana belajar di rumah yang kurang mendukung, tidak adanya fasilitas belajar anak di ruang khusus belajar dan keadaan ekonomi orang tua yang kurang mampu. Secara simultan antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terdapat pengaruh signifikan motivasi.belajar dengan hasil belajar
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan keluarga, hasil belajar
The increasingly rapid development of the era requires humans to get quality education, this is related to an increase in student learning outcomes. The purpose of this study is to analyze the effect of learning motivation and family environment partially or simultaneously on the learning outcomes of economic subjects in class XI SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. The approach used is quantitative with the correlation method. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk, the sample used was 144 students, with a sampling technique using a saturated sample. Data collection was obtained through tests and questionnaires. Data analysis using multiple linear regression analysis technique. The results showed that learning motivation has a positive and significant effect on learning outcomes, this is evidenced by the t-test results obtained by the value of tcount = 3.103 and ttable = 1.665 while the significance value is 0.002 0.05. Thus it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. The environmental variables have a negative and significant effect on learning outcomes, this is evidenced by the results of the t-test obtained by the value of tcount = -4.774 and ttable value = 1.655 with a significance value of 0.000 0.05,. Thus it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, variables. And in the third hypothesis that learning motivation and family environment simultaneously have a significant effect on learning outcomes, this is evidenced from the results of the calculated F value obtained by 15.717, while Ftable = 3.06, so that Fcount is greater than Ftable, namely 15.717 > 3.03 and sig. 0.000 and 0.05, this means that H0 is rejected and Ha is accepted. The R Square value shows a value of 0.771, meaning that the contribution of the learning motivation variable (X1) and family environment (X2) to learning outcomes (Y) is 77.1% and the remaining 22.9% is influenced by other variables not examined. It was concluded that: there was a significant effect of learning motivation on learning outcomes in class XI IPS students of SMA Negeri 1 Tangjunganom Nganjuk. There are still some students with scores above the KKM which shows students have motivation to learn. Meanwhile, the family environment variable has a significant negative effect on the learning outcomes of students in class XI Social Sciences at SMA Negeri 1 Tangjunganom Nganjuk. This is due to the unsupportive atmosphere of learning at home, the absence of children's learning facilities in a special study room and the economic situation of poor parents. Simultaneously between learning motivation and family environment there is a significant influence on learning motivation with learning outcomes
Keywords: learning motivation, family environment, learning outcomes