Madura memiliki keragaman budaya yang didasari oleh konteks masyarakat pesisir dan Agraris. Karakteristik masyarakat Madura dibentuk dari kondisi geografis sehingga hal itu pula yang menentukan bentuk kesenian yang berkembang di sana. Pencak Silat menjadi kesenian yang tumbuh dan berkembang dan erat hubungannya dengan Tari. Pencak Silat memiliki karakteristik ketubuhan yang hampir dapat disamakan dengan karakteristik tubuh penari. Hal ini yang kemudian mendasari penulis untuk mencipta karya yaang berangkat dari eksplorasi gerak Pencak Silat.
Karya ini akan diberi judul “One Second” yang berarti satu detik. “One Second” dimaknai sebagai kecermatan, kecepatan, ketepatan dan reflektivitaas yang diintrepretasi ke dalam pertunjukan tari. Penciptaan karya ini bertujuan untuk melatih kepekaan koreografer dalam menemukan gagasan, menyusun kerangka berfikir, melakukan kerja studio sehingga karya tersebut dapat diterima masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.
Melalui beberapa teori koreografi “One Second” diciptakan dalam proses kreatifnya anatara lain teori tranformasi budaya, desain, bahkan arsitektur dimasukan untuk mematangkan konsep serta tahapan yang dingunakan. Tidak lepas dari teori komposisi tari, koreografi ini tidak akan menjadi sesuatu yang baik apabila tidak dibekali dengan ilmu-ilmu komposisi dan koreografi.
Penguatan interprestasi yang kemudian dikemas menjadi susunan rancangan melalui penerapan-penerapan ide gagasan ataupun konsep dalam bentuk tema, judul sinopsis, iringan, serta unsur-unsur pendukung lainya yang mempermudah koreografer untuk memvisualisasikan kedalam bentuk pertunjukan.
Madura has a cultural diversity that is based on the context of coastal and agricultural communities. The characteristics of Madurese people are formed from geographical conditions so that it also determines the art form that developed there. Martial arts
becomes an art that grows and develops and is closely related to dance. Pencak Silat has bodily characteristics that are almost comparable to the characteristics of a dancer's body. This then underlies the authors to create works that depart from the exploration of the movement ofMartial arts .
This work will be titled "One Second" which means one second. "One Second" is interpreted as accuracy, speed, accuracy and reflectivity which is interpreted in a dance performance. The creation of this work aims to train the sensitivity of choreographers in finding ideas, developing thinking frameworks, doing studio work so that the work can be accepted by the public and can be academically accountable.
Through several choreographic theories "One Second" was created in the creative process between other theories of cultural transformation, design, and even architecture included to mature the concepts and stages used. Not separated from the theory of dance composition, this choreography will not be something good if it is not equipped with the science of composition and choreography.
Strengthening interpretation which is then packaged into a draft arrangement through the application of ideas or concepts in the form of themes, synopsis titles, accompaniments, and other supporting elements that make it easier for choreographers to visualize in the form of performances.