The Relationship between Electronic Games and Students' Motivation and Learning Outcomes in Class VIII PJOK Learning at UPT SMPN 5 Gresik
Jarang menggerakan tubuh membuat peserta didik malas untuk mempraktikan tugas yang diberikan oleh guru. Pembelajaran PJOK sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan motorik dan fisik bisa menjadi salah satu solusi yang positif bagi kebiasaan buruk akan bermain permainan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara permainan elektronik terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK di UPT SMPN 5 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 300 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi menjadi sampel, dengan demikian seluruh peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 5 Gresik menjadi sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara permainan elektronik dengan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK kelas VIII di UPT SMPN 5 Gresik dilihat dari nilai sig 0,01 dan kurang dari nilai r tabel 0,05 maka terdapat korelasi antara keduanya. Permainan elektronik dalam hal ini tidak berhubungan dengan hasil belajar pada peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 5 Gresik. Dapat dilihat dari nilai sig 0,766 yang lebih dari 0,05 maka dapat dikatakan tidak ada korelasi antara keduanya.
Rarely moving the body makes students lazy to practice the assignments given by the teacher. PJOK learning as a means for students to develop motoric and physical abilities can be a positive solution for the bad habit of playing electronic games. This study aims to determine the relationship between electronic games on students' motivation and learning outcomes in PJOK learning at UPT SMPN 5 Gresik. This research uses quantitative research with a quantitative descriptive approach. The population in this study amounted to 300 people. This study used a total sampling technique, namely the entire population became the sample, thus all class VIII students at UPT SMPN 5 Gresik became the sample in this study. The results of this study are that there is a relationship between electronic games and students' learning motivation in class VIII PJOK learning at UPT SMPN 5 Gresik, as seen from the sig value of 0.01 and less than the r table value of 0.05, there is a correlation between the two. Electronic games in this case are not related to learning outcomes in class VIII students at UPT SMPN 5 Gresik. It can be seen from the sig value of 0.766 which is more than 0.05, it can be said that there is no correlation between the two.