Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanan pembelajara, meningkatkan kemampuan menceritakan kembali dan mendeskripsikan respon siswa dengan menggunakan strategi literasi pada siswa kelas V SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri atas 1 x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi literasi pada pembelajaran Bahasa indonesia dapat meningkatkan ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menceritakan kembali siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 70,4 menjadi 91,1 pada siklus II. Peningkatan kemampuan menceritakan kembali dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 65,1 menjadi 81,4 pada siklus II. Hal ini telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu >75% siswa mencapai nilai 70. Respon siswa terhadap bahan ajar materi menceritakan kembali dengan strategi literasi didapatkan hasil dengan kriteria sangat baik oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menceritakan kembali siswa kelas VA SDN SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya
Kata Kunci: Strategi Literasi, Kemampuan Menceritakan Kembali, Pembelajaran Bahasa Indonesia
This research is a classroom action research (PTK), which aims to describe implementation of learning, improve the ability to tell again and describe student responses using literacy strategies in fifth grade SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya. This study was conducted during two learning cycles, each cycle consisting of 1 x meeting. The subjects were students of fifth grade SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya in the first half of the school year 2019/2020. The results showed that the implementation of the literacy strategy in Indonesian Language learning can improve the implementation of learning achievement and the ability to tell again students. This is evident from the results of observations and data analysis in each cycle. Increasing the achievement of learning implementation can be seen from the increase in the value of learning achievement in the first cycle of 80.4 to 91.1 in the second cycle. Increased ability to tell again can be seen from the increase in the average value in the first cycle of 65.1 to 81.4 in the second cycle. This has fulfilled the indicators of the success of the specified action which is> 75% of students achieving a value of 70. Student response on teaching material the material retelling by literacy strategy obtained results with very good criteria by students. Based on the results of this study it can be concluded that the application of literacy strategies in learning Indonesian language can improve the implementation of learning and the ability to tell again students of class VA SDN SDN Klampis Ngasem I / 246 Surabaya
Keywors: literacy strategy, ability to tell again, indonesian language learning