RANCANG BANGUN SISTEM SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN METODE KMEAN
Abstrak
PT. Unichem Candi Indonesia (UCI) merupakan perusahaan consumer good dengan produk garam konsumsi bermerek dagang “refina” dan “daun”. Saat ini PT. UCI mempunyai ± 55 distributor yang berperan untuk pemasaran produk secara langsung ke konsumen. Dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan di masing-masing distributor, PT. UCI memberikan discount khusus. Pemberian discount dilakukan secara global untuk seluruh jenis barang. Hal ini dirasakan kurang optimal, karena discount yang diberikan tidak tepat sasaran bagi setiap masing-masing distributor yang memiliki jenis produk unggulan yang paling banyak terjual. Oleh karena itu diperlukan sistem segmentasi distributor dengan menggunakan metode Kmeans mengacu pada data history penjualan. Hasil sistem memberikan informasi jenis produk yang paling banyak di order dari masing-masing distributor, sehinggan manajemen PT. UCI dapat memberikan discount khusus pada produk tersebut.
Abstract
PT. Unichem Candi Indonesia (UCI) is a consumer good company with "refina" and "leaf" consumption salt products. Currently PT. UCI has ± 55 distributors whose role is to market products directly to consumers. With the aim of increasing sales at each distributor, PT. UCI gives special discounts. Discounts are made globally for all types of goods. This is felt to be less than optimal, because the discount given is not right on target for each distributor who has the most superior type of product sold. Therefore we need a distributor segmentation system using the Kmeans method referring to sales history data. The results of the system provide information on the most types of products ordered from each distributor, so that the management of PT. UCI can provide special discounts on these products